Search

Wawancara Bambang Pamungkas: Dukungan Untuk Brylian Aldama dan Bagus Kahfi



Legenda sepak bola Indonesia dan klub Persija yang baru menyatakan pensiun sebagai pemain, Bambang Pamungkas, memberikan dukungan kepada Brylian Aldama, Bagus Kahfi, dan pemain-pemain muda lainnya untuk bisa berkarier di luar negeri. Menurut Bepe, semakin banyak pemain kita yang bermain di luar negeri maka akan semakin bagus, tidak hanya bagi si pemain, tetapi juga untuk sepak bola Indonesia.


Brylian yang saat ini sedang digembleng dalam Program Garuda Select di Inggris, baru saja menandatangani kontrak dengan agen pemain berlisensi FIFA asal Belanda, Forza Sports Group. Hal itu untuk membantu mengurus administrasi kepindahannya ke salah satu klub Eropa. Kabarnya Bagus Kahfi juga diminati oleh klub Eropa dan ia menyatakan siap untuk berkarier di Eropa.


Berikut pendangan-pandangan Bepe, yang kini menjabat sebagai Manajer Klub Persija, menyangkut pemain-pemain muda kita, termasuk juga dukungan untuk Brylian dan Bagus.


1. Apakah Bepe mengikuti perkembangan Program Garuda Select?


Iya boleh dikatakan saya mengikuti, walaupun hanya melalui pemberitaan di media.


2. Apa komentar Bepe tentang Program Garuda Select?


Program seperti ini bukan yang pertama, dulu kita pernah menjalankan program Primavera, Baretti, dan juga SAD. Program-program seperti ini tentu bagus-bagus saja, karena dapat memberikan pengalaman dan membuka wawasan para pemain muda kita tentang iklim kompetisi usia dini yang lebih sehat dan profesional. Namun, berkaca dari program-program sebelumnya, hasilnya belum begitu maksimal.


3. Apa pandangan Bepe tentang pemain-pemain muda yang saat ini mengikuti Program Garuda Select?


Mereka adalah pemain-pemain muda yang memiliki bakat yang sangat baik. Tidak semua pesepak bola muda di tanah air yang mendapatkan kesempatan seperti mereka, jadi pergunakan kesempatan sebaik mungkin.


4. Sebagai mantan pemain nasional Indonesia, apa masukan Bepe untuk pemain-pemain Garuda Select?


Mereka masih dalam pembentukan diri sebagai pemain profesional. Di era yang semakin modern seperti saat ini gangguan atau cobaan yang akan mereka dapatkan sangatlah besar, terutama dari media sosial. Jadi pesan saya berhati-hati dan pandai-pandailah memilah, mana yang perlu dan mana yang tidak perlu untuk dilakukan.


5. Kabarnya Brylian Aldama dan Bagus Kahfi diminati oleh klub Eropa, apa komentarnya?


Ini tentu menjadi kabar bagus untuk sepak bola Indonesia. Saya selalu berpendapat, jika semakin banyak pemain kita yang bermain di luar negeri maka akan semakin bagus, tidak hanya bagi si pemain namun juga untuk sepak bola Indonesia. Kita tentu berharap prosesnya berjalan dengan lancar, dan semoga sukses untuk Brylian dan Bagus.


6. Apa masukan Bepe untuk tim nasional Indonesia atau pelatih Shin Tae-yong, menyangkut pemain-pemain muda kita?


Rasanya saya tidak dalam posisi untuk dapat memberi masukan kepada Shin Tae-yong. Sebagai pelatih timnas tentu ia tahu apa yang harus dilakukan, menyangkut pemain-pemain muda kita.


7. Apa saran Bepe untuk pembinaan usia muda, termasuk Program Garuda Select?


Sekali lagi program seperti Garuda Select ini tentu bagus. Namun, akan sangat bijaksana, jika dibarengi dengan pembinaan serta kompetisi usia dini di dalam negeri yang berjenjang dan juga berkualitas, karena program seperti Primavera, Baretti, SAD, maupun Garuda Select ini hanya mencakup sebagian kecil dari bibit-bibit muda kita. Rasanya PSSI juga memiliki tanggung jawab yang sama, kepada pesepak bola muda yang lain yang berkompetisi di dalam negeri.

  • Instagram