Search

Trust The Process

Dream Chasers Garuda Select Season 2 Episode 6


Garuda Select merupakan program akselerasi pengembangan bakat-bakat pesepakbola muda terbaik Indonesia dengan tujuan utama bukan untuk membentuk sebuah tim, tetapi untuk menanamkan profesionalisme sehingga mereka bisa berkembang di dunia sepakbola profesional baik di dalam maupun di luar negeri.  


Di setiap musim tim teknis Garuda Select memilih 24 bakat terbaik Indonesia untuk ditempa secara intensif di Eropa, mengejar segala ketinggalan mereka baik dari sisi mental, fisik, teknik, atau pun taktik. Kriteria pemilihan bakat pun dilakukan berdasarkan penilaian atas potensi mereka untuk berkembang di masa depan, dan bukan hanya berdasarkan kemampuan yang mereka tunjukkan sekarang.


Direktur Teknik Garuda select yang juga mantan legenda tim nasional Inggris dan klub Chelsea, Dennis Wise, bersama Pelatih Kepala, Des Walker, yang juga mentan bek legenda Inggris, turun langsung ke berbagai pelosok negeri Indonesia dalamn mencari bakat-bakat muda terbaik. Para pemain yang terpilih dibawa ke Inggris untuk ditempa langsung oleh Dennis Wise, Des Walker, dan tim pelatih di Inggris selama lima hingga enam bulan.


Program Garuda Select yang merupakan program kerjasama PSSI dengan MOLA TV ini sudah memasuki angkatan kedua. Angkatan pertama telah berlangsung pada Januari hingga Mei 2019. Sedangkan angkatan kedua baru berjalan sekitar dua bulan sejak awal Oktober 2019 dan sudah menunjukkan performa permainan yang menggembirakan.


Lima pemain dari angkatan pertama yang cukup menonjol yakni Bagus Kahfi, Muhammad Fajar Faturrahman, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, dan David Maulana baru diberangkatkan kembali untuk bergabung dengan angakat kedua.


Dalam masa pelatihan, baik angkatan pertama maupun angkatan kedua melakukan serangkaian pertandingan yang cukup ketat dengan tim-tim akademi dari klub-klub Inggris yang sebagian besar usianya di atas para pemain Garuda Select. Tim dari klub sekelas Arsenal dan Chelsea pun menjadi lawan tanding Garuda Select.


Program Garuda Select angkatan kedua bahkan dijadwalkan tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Italia. Program akan bergeser ke Italia mulai pertengahan Januari dan di sana juga akan melakuan serangkaian pertandingan termasuk melawan Juventus dan Internazionale Milan.

  • Instagram