Search

Training Drill Garuda Select bersama Coach Danny dan Rafli Asrul



Asisten pelatih #Garudaselect, Danny Holmes bersama Rafli Asrul memberikan beberapa tips latihan teknik sepakbola sederhana yang bisa dilakukan secara praktis di rumah.


Latihan bisa dimulai dengan melakukan pemanasan, yakni menyentuh bagian atas bola menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian. Selanjutnya, bola digiring kedepan dan kebelakang menggunakan teknik yang sama. Semuanya dilakukan selama 20 detik yang diselang istirahat juga selama 20 detik sebelum kembali mengulangi.


Latihan selanjutnya adalah memindahkan bola dari satu kaki bagian dalam ke kaki yang lain sambil berjalan maju dan mundur. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengontrol bola.


Untuk mengakhiri pemanasan, Holmes dan Rafli berlatih step-over selama 30 detik. "Kali ini, bolanya diam di tempat dan melakukan pergerakan kaki melewati bola. Mulai dengan gerakan bola dan bola harus tetap di tempat. Ini untuk melatih koordinasi dan konsentrasi dengan kaki. Bisa digerakan cepat atau lambat, tergantung seberapa nyaman kita melakukannya," Holmes menjelaskan.


Tahap selanjutnya adalah latihan footwoork dan operan. Untuk melakukannya, Rafli menggunakan bantuan cone. Ia bergerak melangkahi tiga cone lalu mengoper bola dengan satu sentuhan. Jika bergerak ke kiri, maka harus menerima bola dengan kaki kiri. Begitu pula sebaliknya jika bergerak ke kanan. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri menggunakan kedua kaki sekaligus meningkatkan kondisi fisik, dilakukan dalam 20 detik per repetisi.


Selanjutnya, Holmes meminta Rafli bergerak melewati cone ke kiri dan kanan, terima bola dan langsung kembali mengoper dalam dua sentuhan. "Dalam latihan ini, sangat penting untuk memastikan sentuhan pertama saat bola datang jangan terlalu dekat dengan kaki yang akan membuat kesulitan mengembalikan operan atau bola memantul terlalu jauh sehingga bisa ditekel oleh lawan. Jadi, harus menemukan posisi yang tepat untuk mengoper balik," kata Holmes.


Latihan footwoork ditutup dengan operan voli. Setelah melangkahi cone, lakukan gerakan mengoper kembali bola yang dilempar ke udara dengan satu sentuhan. Ada banyak variasi yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengontrol bola terlebih dahulu menggunakan paha, dada, atau kepala sebelum mengopernya kembali.


Terkait latihan-latihan praktis yang dijalani ini, Rafli mengaku sangat berguna bagi permainannya. Meski terkesan sederhana, membiasakan diri berlatih teknik-teknik tersebut membuatnya bisa bermain lebih baik di atas lapangan. "Memang kalau dilihat rasanya mudah, tetapi bagi kami para pemain latihan tersebut sangat bermanfaat untuk melatih teknik dan konsentrasi saat melakukan operan," kata Rafli.




Recent Posts

See All