Search

Tips Penjaga Gawang Bangkit dari Kesalahan dari Coach Phil Smith




Penjaga gawang terkadang membuat kesalahan yang mengakibatkan gawang kebobolan. Kesalahan ini terkadang bisa menjatuhkan mental yang dapat membuat tim dalam situasi berbahaya di sisa pertandingan. Pelatih kiper #GarudaSelect, Phil Smith membagikan tips bagaimana mengatasi masalah ini.


"Hal penting yang ingin saya sampaikan kepada penjaga gawang adalah mereka harus memahami kesalahan yang dibuat agar bisa segera memperbaiki. Jangan terlalu memikirkan kesalahan dan segera kembali fokus ke pertandingan. Coba agar kesalahan sebelumnya tidak sampai mempengaruhi permainan," kata Coach Phil.


"Selain itu, bahasa tubuh adalah hal yang sangat penting. Jika kiper melakukan kesalahan kemudian memukul tanah dan menggelengkan kepala justru akan membuat situasi jadi semakin buruk. Kadang orang tidak sadar Anda melakukan kesalahan, sebelum Anda bereaksi. Mencoba untuk tidak memperlihatkan kepada orang lain bahwa Anda terpengaruh adalah hal yang sangat penting. Coba memperbaiki dan belajar dari kesalahan tersebut agar bisa terus tampil baik," jelas Coach Phil.


Kiper #GarudaSelect, Adre Arido bercerita bahwa dirinya banyak belajar dan mendapat saran dari Coach Phil selama mengikuti Program #GarudaSelect. "Coach Phil bilang ketika melakukan blunder, sebisa mungkin saya tidak terlalu memikirkannya dan kembali fokus ke pertandingan. Kalau terlalu dipikirkan, bisa tidak fokus sepanjang pertandingan dan memancing kesalahan lainnya. Kesalahan juga bisa tertutupi kalau kita tampil bagus setelahnya dan melakukan penyelamatan," kata Adre.

Recent Posts

See All