Search

Tips Latihan Meningkatkan Stamina dan Kekuatan Tubuh Dari Jake Fitzsimmons

Updated: Feb 8




Program 'Fit with Fitzsimmons' menampilkan bek kiri #GarudaSelect, Edgard Amping. Edgard dan Jake Fitzsimmons mengajak berlatih gerakan sederhana yang dapat kita lakukan di rumah untuk meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh.


Ada empat gerakan yang diajarkan Jake dimana tiap gerakan dilakukan selama 30 detik dan diselingi istirahat 30 detik. Setiap gerakan dilakukan sebanyak dua kali sehingga waktu yang dibutuhkan sekitar 25 menit.


"Gerakan pertama adalah push-up. Jika gerakan ini sulit, maka boleh bertumpu pada lutut," kata Jake. "Gerakan kedua adalah side plank dimana badan bertumpu pada sisi kiri lalu berhenti pada posisi yang kuat. Gerakan ini dilakukan 30 detik kemudian istirahat 30 detik sebelum lanjut ke gerakan selanjutnya yaitu side plank di sisi kanan," jelas Jake.


Gerakan terakhir adalah shoulder touches. Posisi yang hampir menyerupai push up, tapi gerakan tangan bergantian menyentuh pundak. "Saat posisi sudah kuat baru gerakkan tangan bergantian menyentuh pundak," kata Jake.


"Gerakan yang diajarkan Jake membantu untuk membentuk badan bagian atas seperti lengan, perut, dan dada. Push-up berguna untuk membentuk dada dan lengan, side plank perut dan lengan, dan shoulder touches untuk lengan dan perut," kata Edgard. "Saya tak mengalami kesulitan karena sudah terbiasa jadi saya yakin teman-teman di rumah juga bisa melakukanya," lanjut Edgard.


Kekuatan fisik dan otot merupakan hal penting yang harus dimiliki pemain sepakbola profesional. Mengembangkan hal ini menjadi salah satu fokus tim pelatih #GarudaSelect di samping hal penting lain seperti pelajaran dasar sepakbola, teknik, dan taktik.

Tunggu tips lainnya yang akan diberikan oleh Jake Fitzsimmons, pola latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah kita masing-masing untuk meningkatkan stamina, kekuatan fisik dan tentunya menjaga kita untuk tetap fit.