Search

Tes Fisik Untuk Memantau Kondsisi Pemain

Tujuannya adalah untuk memantau kondisi fisik para pemain sehingga bisa dilakukan deteksi dini jika ada indikasi cedera atau masalah lain.

Setelah menjalani agenda padat dengan bertanding dua kali dalam sepekan, Pelatih Fisik #GarudaSelect, Jake Fitzsimmons, melakukan tes fisik kepada para pemain. Tujuannya adalah untuk memantau kondisi fisik para pemain sehingga bisa dilakukan deteksi dini jika ada indikasi cedera atau masalah lain.


Menurut Coach Jake, kegiatan ini memang beberapa kali dilakukan untuk mengetahui perkembangan kondisi fisik para pemain. Selain untuk mendeteksi masalah kebugaran, hasil dari tes fisik ini juga memudahkan pelatih dalam merancang program latihan.


"Kami melakukan beberapa tes fisik dasar. Ini pernah dilakukan di awal musim dan sekarang dilakukan lagi untuk memantau bagaimana perkembangan pemain. Pelatih juga bisa menentukan porsi latihan yang sesuai dengan kebutuhan pemain tersebut ketika di gym," kata Coach Jake.


"Ada hop test yang salah satu fungsinya untuk melatih sinkronisasi antara kaki kanan dan kiri. Selain itu ada core training juga yang melatih keseimbangan. Lalu ada tes fleksibilitas otot engkel dengan knee to wall,"


Dengan padatnya jadwal bertanding, fisik prima merupakan syarat yang harus dimiliki setiap pemain. Untuk itulah tim pelatih selalu memantau kondisi para pemain satu per satu agar bisa tampil maksimal di pertandingan. Setelah para pemain dicoba melakukan beberapa tes di atas, secara keseluruhan mereka berada dalam kondisi fit.


"Jadi, beberapa model latihan itu kami coba agar meningkatkan performa para pemain. Intinya adalah untuk memantau bagaimana kondisi fisik pemain dan sejauh ini mereka dalam kondisi baik. Selain itu juga membantu mereka terhindar dari berbagai kemungkinan cedera," kata Coach Jake melanjutkan.


Dalam waktu dekat, lawan yang selanjutnya akan dihadapi #GarudaSelect adalah Swindon Town U18 pada Selasa (13/4). Hokky, Faiz dan tim siap untuk tampil maksimal dan akan berusaha untuk mencuri kemenangan di pertandingan ini. Selain itu, para pemain juga berusaha untuk bisa memperbaiki kesalahan yang ada di pertandingan sebelumnya.


Jangan lewatkan aksi para pemain #GarudaSelect menghadapi Swindon Town pada Selasa (13/4) pukul 19:00 WIB. Pertandingan bisa ditonton melalui Polytron TV, Mola Polytron Box, aplikasi Mola TV, atau website di www.mola.tv.