Search

Tempa Fisik, Jaga Semangat: Adaptasi Garuda Select Setelah Lockdown

Updated: Jan 11

Aspek fisik bukan satu-satunya yang mendapat sorotan selama lockdown.

Fisik dan tingkat kebugaran skuad #GarudaSelect akan ditempa habis-habisan. Ini merupakan bentuk adaptasi dari tim pelatih setelah Inggris resmi kembali memasuki lockdown pada awal pekan ini akibat peningkatan kasus COVID-19.


Akibat lockdown yang diterapkan pemerintah Inggris, laga Garuda Select vs Mansfield U18 yang harusnya digelar Kamis (6/1) terpaksa dibatalkan. Sesi dan metode latihan pun terpaksa ikut berubah dengan mematuhi protokol kesehatan baru yang telah ditetapkan.


Pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons, mengakui situasinya memang tidak ideal. Namun, bukan berarti segala kegiatan Garuda Select dihentikan. Momen ini justru akan digunakan untuk meningkatkan kualitas fisik para pemain. Salah satu sesi yang telah dijalani adalah berlari sejauh lima kilometer.


"Hal yang kami upayakan saat ini adalah meningkatkan level kebugaran para pemain, misalnya dengan cara berlari. Ada banyak hal lain yang bisa kami kerjakan, tetapi inilah target utama kami hingga ada perubahan yang bisa membantu kami berlatih secara normal. Kami ingin mencoba menjaga level kebugaran mereka agar mereka tetap tinggi sehingga siap untuk langsung beraksi di lapangan setelah situasinya kembali normal," kata Fitzsimmons.


"Para pemain diminta mencoba untuk berlari lima kilometer secepat mungkin. Ini adalah sesuatu yang sederhana, tetapi tetap merupakan suatu tes yang baik untuk melihat level kebugaraan mereka," dirinya melanjutkan.


Aspek fisik bukan satu-satunya yang mendapat sorotan selama lockdown. Tim pelatih memahami bahwa situasi lockdown ini tidak mudah bagi siapapun. Terlebih lagi bagi para pemain Garuda Select yang masih muda dan baru sekitar satu bulan menjalani proses adaptasi.


"Kami ingin menjaga semangat para pemain setinggi mungkin. Tentu sangat sulit bagi mereka melewati situasi seperti ini ketika jauh dari rumah. Kami mencoba semaksimal mungkin untuk membuat mereka tetap merasa senang," kata Fitzsimmons. (Evans Simmons)