Search

Sosok Ayah sebagai Inspirasi Berkarier di Sepakbola




Semua pemain #GarudaSelect punya mimpi untuk menjadi pemain profesional. Mimpi itu ada sejak kecil berkat inspirasi dari orang terdekat. "Saya terinspirasi dari ayah saya, Muhammad Amin. Sekitar tahun 1980an, beliau bermain bersama PSMS Medan Junior sebagai bek kanan. Hal itu membuat saya terinspirasi untuk menjadi pemain sepakbola profesional," kata pemain tengah, Ridho Syuhada Putra. "Waktu kecil karena ibu saya bekerja dan ayah kandung saya meninggal, sejak usia satu tahun saya diasuh oleh orang tua angkat. Ayah angkat saya senang bermain bola dan dari situ saya terinspirasi ingin main bola juga dengan masuk SSB," kata pemain depan, Wahyu Agung Drajat.


Begitupun dengan Noval Junior Iskandar, gelandang Garuda Select tersebut bercerita bahwa ayahnya juga yang menginspirasi dirinya untuk bisa menjadi pesepakbola. "Waktu kecil ayah saya suka menggoyangkan kaki kiri saya supaya saya bisa menendang kaki kiri seperti beliau. Saat saya berusia lima tahun, ayah saya sering mengajak nonton main bola dan dari situ saya bermimpi untuk jadi pemain profesional," tambah Noval.


Sementara itu, pemain belakang Muhammad Faqih Maulana juga ingin meneruskan mimpi ayahnya yang tak terwujud. Bergabung dengan #GarudaSelect merupakan salah satu tahapan untuk menggapai mimpi tersebut. "Ayah saya dulu seorang pemain bola antarkampung. Ayah cerita dulu beliau tak mampu untuk membeli sepatu jadi meminjam sepatu teman ketika ingin bermain sepakbola. Karena keterbatasan biaya, ayah saya harus berhenti bermain sepakbola," kata Faqih. "Mendengar cerita itu, saya ingin mewujudkan cita-cita ayah yang dulu tak bisa diraih. Saya ingin membuat orang tua saya bahagia dan tersenyum dengan menjadi pemain sepakbola profesional. Orang tua merupakan sosok yang paling berperan dalam hidup saya dimana dulu rela meninggalkan pekerjaan demi mengantarkan saya ke SSB," cerita Faqih.


Perjuangan mereka di Program #GarudaSelect bukan hanya untuk mewujudkan mimpi mereka sendiri, tapi para pemain ini ingin memberikan sesuatu yg membanggakan buat orang tua mereka. Program #GarudaSelect merupakan langkah penting bagi para pemain untuk berkembang lebih jauh lagi. Mendapat tim pelatih dan fasilitas latihan kelas dunia menjadi tahapan untuk selangkah lebih dekat menggapai mimpi jadi pemain profesional.