Search

Sisi Positif di Balik Pemberlakuan Lockdown

Kami bisa menjadi lebih intens latihan dan lebih akrab satu sama lain" kata Shaban.

Situasi lockdown yang saat ini diberlakukan di Inggris membuat para pemain #GarudaSelect harus melakukan segala aktivitas dengan menerapkan sistem berkelompok atau bubble. Hal ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan protokol yang berlaku.


Meski demikian, ada sisi positif yang masih bisa diambil dalam situasi seperti sekarang. Seperti yang disampaikan penjaga gawang #GarudaSelect, Adre Arido. “Menurut saya di situasi lockdown seperti ini, konsep bubble ini memang sedikit menghambat perkembangan chemistry tim secara keseluruhan karena latihan terpisah-pisah. Selain itu, latihannya juga terasa lebih sepi, tidak ramai seperti biasa. Tetapi mungkin dari segi individu kami bisa lebih maksimal latihannya,” kata Adre.


"Karena harus berkelompok saya lebih banyak latihan bersama dengan beberapa pemain belakang Adit, Ibnul, Faqih, Dustin, dan beberala penyerang seperti Shaban, Wahyu (Agung). Sisi positifnya adalah chemistry dengan para pemain belakang jadi lebih terbangun,”.


Shaban Kingazi, mengaku situasi lockdown ini memang tidak ideal. "Situasi ini memang tidak ideal. Akan tetapi kami bisa menjadi lebih intens latihan dan lebih akrab satu sama lain" kata Shaban.


Penyerang #GarudaSelect, Faiz Maulana juga mengakui ada keuntungan tersendiri yang didapatkan. “Kami lebih banyak berkomunikasi tentang apa yang harus dilakukan saat bertanding. Selain itu juga, bisa lebih banyak membicarakan hal-hal seputar latihan. Bagaimana evaluasi latihan tadi, lalu nanti akan latihan apa, harus apa saja yang menjadi catatan perbaikan, dan sebagainya. Intinya kami selalu saling mendukung satu sama lain, jadi semakin intim dan lebih kompak.


Kekompakan di dalam bubble juga dirasakan gelandang dan salah satu pemain senior #GarudaSelect, Fernando Pamungkas. “Selain latihan, kami biasanya melakukan banyak hal saat bersantai di asrama. Bisa bermain game, bermain gitar, dan sebagainya. Menurut saya kekompakan di bubble ini lebih terjalin,” Nando menceritakan.


“Kalau selesai latihan, biasanya kami bermain game bersama untuk menghilangkan rasa bosan atau sekedar mendengarkan lagu, atau mengobrol tentang isu sepakbola terkini, terutama Liga Inggris", Adre dan Faiz menambahkan.

  • Instagram