Search

Shaban Kingazi Di Antara Pemain #GarudaSelect




Shaban Mbwana Kingazi sudah sebulan bergabung di #GarudaSelect angkatan ketiga. Sejauh ini, pemain dengan posisi bek kiri tersebut membuat rekan-rekannya terkesan setelah tampil baik di uji coba internal kemarin.


"Shaban pemain yang sangat cepat dan punya teknik yang bagus. Saat bermain, Shaban sangat agresif dan saya bisa belajar darinya tentang hal itu," kata Elia Di Guiliomaria. "Shaban pemain pekerja keras dan ngotot untuk merebut bola dari lawan," tambah I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra. "Shaban punya gaya main yang sederhana, kuat dalam bertahan, dan bagus saat pressing lawan," menurut I Gede Aditya Juli.


Sebagai sesama bek kiri, Edgard Amping melihat kelebihan yang dipunyai Shaban. "Permainan Shaban mirip dengan gaya bermain pemain Inggris yang mengandalkan fisik dan kecepatan. Sebagai bek kiri, Shaban tak hanya kuat dalam bertahan, tapi juga rajin dalam membantu serangan," kata Edgard.


Komunikasi dengan pemain asal Tanzania tersebut sejauh ini berjalan dengan baik di dalam atau luar lapangan. "Saya berkomunikasi dengannya menggunakan Bahasa Inggris. Shaban cukup fasih sehingga saya dan Lorenzo bisa banyak mengobrol dengannya," kata Elia. "Komunikasi yang kami gunakan di lapangan cukup sederhana, saat bertahan saya berteriak kepadanya defense, pressing, atau marking," tambah Adit.


"Menurut saya bermain sepakbola menggunakan bahasa universal. Banyak cara untuk berkomunikasi seperti dengan gerakan tangan atau lirikan mata," kata Ridho Syuhada Putra. "Di luar lapangan kami mengajari sedikit-sedikit Bahasa Indonesia," tambah Edgard.


"Saya antusias diajari bahasa oleh teman-teman. Sekarang, saya tahu beberapa kata seperti 'bagus' dan 'yuk'. Saya juga diajari bicara 'aku rapopo'," kata Shaban.


Kehadiran pemain internasional dalam Program #GarudaSelect bertujuan untuk membuat pemain Indonesia bisa berbaur lebih luas dengan berbagai pemain dan budaya negara-negara lain dalam lingkungan internasional yang lebih mendukung. Ini menjadi hal penting baik bagi pemain Indonesia maupun internasional untuk mengembangkan diri sebagai tahapan sebelum masuk ke dunia sepakbola profesional.




  • Instagram