Search

Ridwan Ansori, Jadi Pesepak Bola Wujudkan Mimpi Sang Ayah




Sejak dikenalkan dengan sepak bola oleh ayahnya pada usia 8 tahun, Ridwan Ansori langsung jatuh cinta. Kini, ia tengah meniti mimpi menjadi pesepak bola profesional melalui program #Garudaselect.


"Ayah selalu ingin saya jadi pesepak bola," kata pemain kelahiran Bandung, 13 Februari 2004 tersebut. "Saya senang sekali karena punya kesempatan untuk bergabung dengan #Garudaselect dan menimba ilmu di Eropa."


#Garudaselect angkatan ketiga memang baru berada di Inggris kurang lebih selama tiga bulan, tetapi para pemain telah merasakan begitu banyak manfaat. Ridwan sendiri mengaku mendapatkan pengalaman penting ketika bermain menghadapi Port Vale U18 pada Desember 2020.


"Lawan di sini memiliki postur tubuh besar dan kontrol bola yang baik. Saya sempat merasa gugup ketika pertama kali bermain. Saya merasa panik ketika mengontrol bola dan tidak tenang seperti biasanya," kata Ridwan, yang bertekad untuk terus memperbaiki kekurangannya. "Bagaimanapun, saya senang karena latihan di sini intesitasnya tinggi, keras, serta sangat disiplin. Ini adalah hal baik bagi saya."


Pemain Persib Bandung tersebut diminta oleh tim pelatih #Garudaselect untuk berpindah posisi. Awalnya, Ridwan adalah seorang winger, tetapi Ia kini tengah menekuni peran sebagai seorang full-back.


"Sebenarnya, saya sempat bermain sebagai bek ketika masih di sekolah sepak bola. Ketika itu, teman saya ada yang tidak bisa bermain, sehingga saya diminta pelatih tampil sebagai bek," jelas dirinya. "Tetapi karena sudah terbiasa tampil sebagai winger, tentunya saya sempat merasa kesulitan di awal masa-masa adaptasi setelah diminta menjadi bek (di Inggris), terutama terkait urusan pengambilan posisi, mengambil keputusan untuk mengoper atau menggiring bola. Semuanya berbeda dengan ketika bermain sebagai pemain sayap."


Sebagai pemain yang gemar menyerang dan menciptakan gol, Ridwan mengaku tak keberatan harus mendalami peran barunya bersama Garuda Select. Ia justru merasa semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan. Semua demi mewujudkan mimpi menjadi pesepak bola profesional.


"Saya berharap bisa meningkatkan kemampuan kaki kiri saya dan lebih baik dalam mengontrol bola udara," kata pemain dengan tinggi badan 174 cm tersebut. "Semoga saja, setelah dari Garuda Select, saya bisa masuk timnas dan bermain di Piala Dunia U20 2023. Semoga juga, ada tawaran dari klub luar negeri karena saya sangat ingin bermain di Eropa."

Recent Posts

See All