Search

Rahasia Rafli Asrul Hadapi Lawan Berpostur Besar

Choki Sihotang

Menghadapi pemain yang unggul dari sisi umur dan postur tubuh tidaklah mudah. Butuh perjuangan ekstra keras untuk memenangi duel satu lawan satu di lapangan pertandingan.


Kondisi itulah yang dialami pemain-pemain Garuda Select selama mengikuti program sepak bola di modern Eropa. Semua pemain tak hanya dituntut mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya, tapi juga harus punya keberanian guna bertarung melawan pemain lawan yang bertubuh besar dan tinggi.


"Saya selalu berpikir pasti bisa melakukannya," kata Muhammad Rafli Asrul kepada SuperSoccer.


Rafli merupakan satu di antara 24 pemain Garuda Select angkatan kedua yang beruntung bisa mendapatkan banyak pengalaman di Inggris maupun Italia.


Selama lebih kurang lima bulan, terhitung dari Oktober 2019 hingga Maret 2020 Rafli dan kawan-kawan mengarungi 21 laga dengan raihan 10 kemenangan, empat kali imbang, dan hanya kalah tujuh kali.


Rafli kerap dimainkan dan sering menjadi "nyawa" tim. Itu bisa dia buktikan dengan kinerja yang sangat oke di lini depan. Mengoleksi sembilan gol, pemain asal PSM Makassar U16 menempati urutan kedua daftar top scorer Garuda Select angkatan kedua. Posisi teratas diisi Bagus Kahfi dengan 16 gol.


Selain mumpuni menjebol gawang musuh, Rafli juga dijuluki "raja assist". Menorehkan sembilan assist, pemain kelahiran 19 Februari 2003 menempati puncak teratas Garuda Select top assist.


Menurut Rafli, bertanding di luar negeri tidaklah mudah. Beruntung Rafli and kolega terus mendapat masukan serta suntikan semangat dari tim pelatih, khususnya dari Dennis Wise dan Des Walker. Kedua legenda Inggris ini memang punya andil besar di balik perkembangan pesat pemain-pemain muda Indonesia.


"Banyak pemain bertubuh mungil yang bermain sangat lincah," kata Rafli sembari menyebut satu nama pemain kelas dunia asal Argentina, Lionel Messi.


Dari segi postur, Messi terbilang mungil bila disandingkan dengan kebanyakan pemain yang berkompetisi di Eropa. Akan tetapi, soal kecepatan dan ilmu melewati lawan, tak ada yang membantah La Pulga. Bintang kesayangan Barcelona itu bahkan berkali-kali memenangi prestasi individual.


"Meski mungil, tapi yang penting tetap percaya diri," pungkas Rafli.


Aksi dan perjuangan Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram