Search

Rafli Asrul Siap Sambut Tantangan di Masa Depan

Updated: May 16

Setelah menimba banyak ilmu selama dua musim terakhir, Rafli menyadari kini sudah saatnya mencanangkan target yang lebih tinggi untuk kariernya.

Salah satu pemain yang mencuri perhatian selama Program #GarudaSelect dua musim terakhir adalah Muhammad Rafli Asrul. Datang di musim kedua, ia menjadi komponen penting permainan lini tengah tim.


Jika pada musim kedua ia ditemani oleh dua pemain yang lebih senior seperti Brylian Aldama dan David Maulana di lini tengah. Tanggung jawab lebih besar diemban pada musim ketiga ini. Di musim ketiga, Rafli mengisi lini tengah bersama beberapa pemain seperti Elia Di Giuliomaria, Rendy Sanjaya, dan Fernando Pamungkas, dimana mereka menjadi jangkar dalam mengatur ritme permainan.


“Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan musim ini. Memang ada lockdown yang sempat membatasi sejumlah agenda, tetapi sisi positifnya adalah fisik pemain jadi lebih baik siap. Hal itu membuat saya lebih fokus untuk memikirkan taktik dan bereksplorasi di pertandingan,” kata Rafli.


“Saya jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan saat tim menguasai bola. Terutama untuk berpikir cepat mengalirkan bola dua hingga tiga langkah setelah menerima umpan. Jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan agar tidak mudah kehilangan bola. Itu yang sering diulang-ulang pelatih,”


Setelah menimba banyak ilmu selama dua musim terakhir, Rafli menyadari kini sudah saatnya mencanangkan target yang lebih tinggi untuk kariernya. Selain ingin mengikuti jejak Bagus Kahfi dan Brylian Aldama untuk bermain di klub Eropa, satu tempat di tim nasional pun menjadi incarannya.


“Semoga apa yang saya perlihatkan dan sudah saya dapatkan sampai sejauh ini bisa membuka peluang untuk main di Eropa. Selain itu, saya juga ingin terpilih masuk tim nasional untuk Piala Dunia U20 mendatang,” katanya menceritakan.


Rafli tampil konsisten selama menjalani dua musim program #GarudaSelect. Musim lalu, ia tampil 17 kali dari total 19 pertandingan #GarudaSelect, mencetak sembilan gol dan enam assist. Pada musim ketiga ini, konsistensinya meningkat dengan bermain pada seluruh 10 pertandingan yang dijalani #GarudaSelect serta mengoleksi masing-masing empat gol dan empat assis.