Search

Proses Adaptasi Shabani di #GarudaSelect




Shabani Mbwana Kingazi sudah satu bulan mengikuti Program #GarudaSelect. Sejauh ini, pemain asal Tanzania tersebut bercerita bahwa proses adaptasinya di dalam tim berlangsung dengan lancar. Menurut Shabani, walaupun dirinya bergabung paling terakhir justru rekan-rekan di tim #GarudaSelect menyambut dengan tangan terbuka dan sangat mendukung dan membantu untuk cepat beradaptasi.


"Pemain-pemain Indonesia dan Italia yang saya temui di sini sangat bersahabat dan mereka semua membantu saya untuk cepat beradaptasi. Kehadiran teman-teman di sini membuat saya betah dan membuat saya serasa di rumah sendiri," kata Shabani. "Bersama Lorenzo Berra dan Elia Di Giuliomaria kami berbincang dengan menggunakan Bahasa Inggris. Bersama pemain Indonesia, saya sedikit-sedikit belajar Bahasa Indonesia dan saat ini saya sudah bisa bicara 'bagus' dan 'yuk'," cerita Shabani.


Kendala yang dialami Shabani justru di faktor cuaca. "Negara saya sangat panas dan ini bertolak belakang dengan Inggris yang tengah berada di musim dingin. Ini menjadi tantangan terbesar saya untuk beradaptasi dan saya sedang berusaha," cerita Shabani.


Shabani menambahkan bahwa proses adaptasi di #GarudaSelect ini akan menjadi pengalaman berharga baginya bila di masa depan mendapat kontrak profesional di klub luar Tanzania. "Tujuan saya bergabung dengan #GarudaSelect adalah memenuhi mimpi untuk bermain sepak bola di level tertinggi. Bila nanti bergabung dengan klub di luar negara saya, proses adaptasi sangat penting dan pengalaman di #GarudaSelect akan sangat membantu saya untuk beradaptasi dengan cepat," jelas Shabani.


Kehadiran pemain internasional dalam Program #GarudaSelect bertujuan untuk membuat pemain Indonesia bisa berbaur lebih luas dengan berbagai pemain dan budaya negara-negara lain dalam lingkungan internasional yang lebih mendukung. Ini menjadi hal penting baik bagi pemain Indonesia maupun internasional untuk mengembangkan diri sebagai tahapan sebelum masuk ke dunia sepakbola profesional.