Search

Proses Adaptasi & Perkembangan Roki di #GarudaSelect




Roki sempat mengalami kesulitan beradaptasi ketika awal mengikuti Program #GarudaSelect. Namun setelah lebih tiga bulan berlatih, pemain kelahiran Sambas, Kalimantan Barat tersebut mulai menemukan kepercayaan diri yang membuat kemampuan sebenarnya mulai terlihat.


"Ketika baru bergabung, saya kesulitan beradaptasi karena saya kebetulan hanya sendiri dari Kalimantan Barat. Merasakan cuaca yang sangat dingin ditambah hujan di Inggris, sedikit banyak mempengaruhi saya untuk kurang bisa tampil maksimal dan sering melakukan kesalahan saat latihan seperti salah memberikan umpan," kata Roki.


"Menurut saya wajar awalnya Roki mengalami kesulitan. Roki pasti merasa gugup melihat rekan-rekan setimnya punya kemampuan bagus ditambah dia langsung dilatih oleh dua mantan pemain timnas Inggris, Coach Dennis Wise dan Coach Des Walker yang selalu menyaksikan dari pinggir lapangan," kata Coach Danny Holmes.


Namun, dukungan teman-teman serta pelatih membuat Roki beradaptasi lebih baik dan mulai percaya diri. "Pelatih dan teman-teman di #GarudaSelect sangat membantu saya selama berlatih, termasuk Lorenzo Berra dan Elia Di Guiliomaria. Mereka berdua sering menyemangati saya dan itu membuat saya semakin percaya diri," cerita Roki.


Coach Danny sendiri merasa puas dengan perkembangan Roki sejauh ini, meski masih ada beberapa hal yang harus Roki perbaiki. "Seiring berjalannya waktu, Roki sudah mulai bisa beradaptasi dan perkembangannya semakin terlihat. Roki punya atribut penting sebagai seorang bek tengah atau bek sayap yaitu kuat, agresif, serta tak ragu untuk berduel dengan lawan. Namun, Roki masih harus memperbaiki kemampuan teknik seperti sentuhan pertama dan kualitas umpan. Saya yakin dia akan bisa semakin bagus apabila terus berlatih memperbaiki tekniknya," kata Coach Danny.


Roki sepakat dengan komentar Coach Danny dan siap berlatih lebih keras. "Saya merasa kualitas teknik saya memang masih harus diperbaiki seperti passing dan crossing. Saya siap untuk kerja keras memperbaiki ini dengan mengikuti arahan dari pelatih. Masih ada waktu di Inggris dan saya tak ingin menyia-nyiakannya, karena saya juga punya mimpi untuk bisa membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-20," harap Roki.