Search

Profil Manchester City Youth Academy

Updated: May 11

Dalam perjalanannya, City mampu melahirkan pemain-pemain top dunia seperti dari era Shaun Wright-Phillips hingga Daniel Sturridge.

Manchester City sudah membentuk tim yang berisikan pemain-pemain muda sejak 1920 lewat inisiatif dari tokoh sepakbola setempat, Albert Alexander. Ketika itu, tim muda mereka masih berkompetisi di Lancashire League.


Pada 1997 ketika FA memperkenalkan sistem Youth Football, Manchester City ikut berbenah hingga secara legal mendapatkan pengakuan berdiri pada 1998. Jim Cassell ditunjuk sebagai direktur dari Youth Academy dan melakukan restrukturisasi akademi hingga berhasil melahirkan banyak pemain-pemain berbakat yang bisa berkarir di Premier League.

Sejak kedatangan Abu Dhabi United Group sebagai pemilik baru pada 2008, Manchester City melakukan berbagai pembenahan termasuk diantaranya Youth Academy yang mereka miliki. Pada 2010, kompleks latihan di Platt Lane dipugar hingga menjadi salah satu yang terbaik di dunia, lengkap dengan fasilitas gym, ruang ganti pemain yang lebih modern, serta beberapa ruang serba guna.

Setahun kemudian, dibangun sebuah fasilitas latihan seluas 80 hektar yang diberi nama City Football Academy yang terletak tidak jauh dari Etihad Stadium. Terdapat 12 lapangan untuk tim kelompok muda dan empat lapangan untuk tim senior tim pria dan wanita.

Tim Manchester City U23 merupakan juara di Premier League 2 musim 2020/21. Selain itu, mereka juga memiliki tim U18 yang saat ini bertanding di ajang U18 Premier League. Juga tim Manchester City Youth yang pernah menjuarai U16 Premier League Cup pada 2017. Saat ini, ada tiga pemain dari U16 City yang masuk ke tim nasional Inggris yakni Pierce Charles, Nico O’Reilly, dan Kane Taylor.

Dalam perjalanannya, akademi City mampu melahirkan pemain-pemain top dunia seperti dari era Shaun Wright-Phillips hingga Daniel Sturridge. Bintang lapangan tengah City saat ini, Phil Foden, juga merupakan produk asli akademi City.


Kasper Schmeichel dan Kelechi Iheanacho, yang saat ini merupakan pemain andalan Leicester City, juga pernah terdaftar sebagai pemain akademi Manchester City. Sedangkan untuk tim-tim di luar Inggris, ada Kieran Trippier yang saat ini membela Atletico Madrid dan Jadon Sancho di Borussia Dortmund.



Selasa nanti tim akademi #GarudaSelect akan berkesempatan untuk mengukur kemampuan mereka melawan salah satu akademi terbaik di Inggris ini. Jangan lewatkan pertandingan Manchester City Youth Academy vs #GarudaSelect Selasa 11 Mei 2021, 19.45, Live di Mola. Saksikan pertandingannya secara GRATIS melalui Mola Polytron Box, Polytron TV, atau di website www.mola.tv.

Recent Posts

See All