Search

Profil Kapten Tim Garuda Select: Edgar Amping

Updated: Jan 21

"Saya akan berusaha membuktikan diri bisa menjalankan peran sebagai kapten," kata Edgar.

Musim lalu, Edgar Amping tergabung ke dalam angkatan kedua bersama Rafly Asrul dan Fernando Pamungkas, yang artinya musim ini dia adalah salah satu pemain senior di Program Garuda Select. Asisten Pelatih Garuda Select, Danny Holmes, mengatakan, ada perkembangan menggembirakan yang diperlihatkan Edgar jika dibandingkan musim lalu dengan perannya sebagai bek kiri.


"Musim ini, Edgar terlihat lebih kuat dan cepat. Sekarang dia lebih mudah mengantisipasi pergerakan lawan yang punya fisik kuat dan kecepatan yang baik. Tentu ini merupakan peningkatan bagus, semoga itu bisa terus berkembang lebih baik lagi ke depannya," kata Holmes.


Edgar mengatakan, Program Garuda Select memberikannya pengalaman serta perspektif baru tentang apa yang seharusnya dilakukan seorang pemain sepakbola. "Saya bersyukur bisa berkesempatan menjalani program ini dan punya pengetahuan tentang permainan lebih detil lagi. Tahun ini, saya akan berusaha membuktikan diri bisa menjalankan peran sebagai kapten," kata Edgar.


Salah satu teman dekat Edgar di Program Garuda Select ini adalah Rafly Asrul, yang sudah bersamanya sejak di tim Elite Pro Academy PSM Makassar. Rafly mendukung sahabatnya itu mampu menjalankan peran barunya memimpin tim. "Dia orangnya pendiam, tetapi saat di lapangan cukup aktif bergerak dan bisa bermain di beberapa posisi. Semoga dia bisa menyemangati teman-temannya yang lain ketika sedang down. Menurut saya dia pantas untuk memimpin tim ini," kata Rafli.


Asisten Pelatih Garuda Select, Danny Holmes, mengatakan penunjukkan Edgar sebagai kapten karena pemain itu dianggap bisa memperlihatkan contoh konkret kepada pemain lain lewat kerja keras dan keseriusan di lapangan.


"Ini bukan soal paling vokal di lapangan atau tentang kemampuan verbal yang baik. Cara Edgar memimpin rekan-rekannya adalah dengan mencontohkan langsung apa yang seharusnya dilakukan. Dengan pengalaman serta pengetahuan yang didapatkan musim lalu, dia bisa melakukan itu," Holmes menjelaskan.


Penjaga gawang Garuda Select, Adre Arido, juga mengakui peran penting Edgar untuk tim. "Kalau di dalam lapangan dia memimpin yang lain dengan baik. Cara bermainnya juga bagus seperti saat menekan lawan atau ketika memblok bola. Dia juga selalu semangat saat latihan, itu membuat kami jadi ikutan semangat dan ingin jadi seperti dia. Orangnya juga ramah kalau di luar lapangan," kata Adre.