Search

Phil's Safe Hands, Latihan Sederhana bersama Kiper #GarudaSelect




Adre Arido dan Aditya Juli mengalami peningkatan cukup baik selama beberapa bulan mengikuti Program #GarudaSelect. Kedua penjaga gawang tersebut tampil cukup baik pada pertandingan perdana melawan Port Vale, dan beberapa uji coba internal yang dilakukan belakangan ini.


Salah satu rahasia penampilan cemerlang mereka adalah materi latihan yang tepat. Kali ini, Pelatih Kiper #GarudaSelect, Phil Smith, akan menunjukkan latihan-latihan pemanasan yang dilakukan Adre dan Adit sebelum memulai latihan sehari-hari.


Gerakan pertama ada Straight Arm Twist. Latihan ini dilakukan dengan memutar dan menarik tangan ke arah belakang sambil memegang bola. Bisa dilakukan secara bergantian di kedua sisi, kanan dan kiri.


Kemudian ada Forward and Reverse Windmills. Hampir sama dengan Straight Arm Twist, namun gerakan ini lebih menekankan tumpuan pada bahu dengan memutarnya ke arah belakang sambil tetap memegang bola. Latihan ini bisa dilakukan beberapa kali, kemudian berganti arah dengan memutarnya ke depan. Bisa dilakukan dengan cepat atau sesuai kemampuan masing-masing. Tujuan dari gerakan ini adalah melatih kontrol bahu.


Lanjut ke Figure of 8. Sesuai dengan namanya, latihan dilakukan dengan membentuk angka 8. Latihan ini bagus untuk melatih kendali tangan atas bola. Mulai dengan posisi kuda-kuda yang agak lebar, kemudian memindahkan bola dari tangan kanan ke kiri, melalui sela-sela kedua kaki sambil membentuk angka delapan. Jarak antara kaki bisa disesuaikan dengan kenyamanan


Lalu terakhir ada Twist and Catch. Ini adalah latihan pemanasan, kembali mulai dengan posisi kuda-kuda tangan kanan berada di belakang kaki kanan, dan tangan kiri berada di sisi depan. Lepas bola dan tangkap dengan posisi berbeda tanpa bola terjatuh. Semakin cepat semakin baik.

Seluruh gerakan ini tergolong sederhana dan tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar. Artinya, latihan ini bisa dilakukan di rumah agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Recent Posts

See All