Search

Persiapan Pemain #GarudaSelect Jelang Ujian Nasional

Pemain-pemain seperti Fernando Pamungkas, Rafly Asrul, Edgard Amping, hingga Daniel Naa, akan melewati salah satu fase penting dalam hidup mereka yakni Ujian Nasional level menengah atas.

Beberapa pemain #GarudaSelect musim ini berada di kelas 3 SMA dan sedang bersiap untuk mengikuti ujian akhir. Pemain-pemain seperti Fernando Pamungkas, Rafly Asrul, Edgard Amping, hingga Daniel Naa, akan melewati salah satu fase penting dalam hidup mereka yakni Ujian Nasional level menengah atas.


Ujian tahun ini tentu berbeda bagi mereka. Tantangan jelas harus dihadapi mengingat saat ini mereka berada jauh dari rumah. Penyesuaian pun harus dilakukan agar tetap bisa belajar dengan fokus. Dengan semua persiapan, mereka berharap bisa melewati ujian dengan baik tahun ini.


"Bagi saya, tantangannya sangat berat karena sudah beberapa bulan saya tidak masuk sekolah walaupun disini masih tetap belajar secara rutin dengan bimbingan guru. Tantangannya saya harus bisa menyerap dengan baik semua pelajaran yang diberikan oleh guru kami. Saya tidak ada masalah dengan pembagian waktu antara latihan dan belajar," kata Fernando Pamungkas.


"Di sini, kami semua belajar setiap selesai latihan sore. Menurut saya, tidak terlalu ada yang menyulitkan karena belajar itu biasanya memang di luar waktu latihan. Bagaimanapun, kami tetap butuh belajar dan sekolah agar tidak ketinggalan pelajaran," kata Rafli.


Bagi Edgard, Rafli, dan Fernando, pengalaman membagi waktu antara belajar dan latihan sudah mereka rasakan sejak tahun lalu. Namun, bagi Daniel Naa, ini adalah pengalaman baru dalam hidupnya. "Kesulitannya di sini hanya terasa pada perbedaan jam dan waktu. Di sini malam dan di Indonesia masih siang. Perasaannya aneh saja karena harus ujian malam-malam di sini. Selain itu, tidak ada tantangan yang terlalu berat," kata Daniel.


Selain harus menjalani program latihan intensif sebagai bekal menjadi pemain sepakbola, pendidikan tetap menjadi prioritas para pemain. Meski harus membagi waktu, para pemain tetap menjalaninya dengan keseriusan dan perhatian yang penuh selama waktu mereka di Inggris.