Search

Perkembangan Massa Otot Pemain #GarudaSelect

Secara keseluruhan, para pemain memperlihatkan perkembangan positif soal massa otot dan kadar lemak di tubuh.

Salah satu agenda rutin yang dijalankan dalam Program #GarudaSelect adalah tes lemak atau fat test. Tes ini bertujuan untuk memantau kadar massa otot dan lemak di tubuh seorang pemain sehingga bisa menampilkan performa maksimal, baik saat latihan atau pun pertandingan.


Tes ini dilakukan langsung oleh Pelatih Fisik #GarudaSelect, Jake Fitzsimmons. Menurutnya, secara keseluruhan, para pemain memperlihatkan perkembangan positif soal massa otot dan kadar lemak di tubuh. Ke depannya, Coach Jake akan terus memantau agar para pemain tetap berada di level yang diinginkan.


"Kami mengukur beberapa hal mulai dari berat badan, tinggi badan, hingga lipatan kulit, dari situ kemudian dihitung berapa presentase lemak di kulit. Masing-masing pemain punya tujuan yang berbeda dari tes kali ini, tergantung kita ingin membentuk mereka seperti apa," kata Coach Jake.


"Kalau komposisi tubuh mereka sudah bagus yakni massa ototnya bertambah dan kadar lemaknya rendah, kami akan terus menjaga mereka di level itu. Lalu jika ada pemain yang massa ototnya harus ditambah dan kadar lemaknya dikurangi, kami akan memberi mereka nutrisi atau mengubah rencana latihan mereka. Jadi semua tergantung ada di level mana si pemain itu,".


Ini adalah tes ketiga yang dilakukan musim ini. Jadi, setiap bulannya, para pemain akan terus dipantau komposisi otot dan lemak di tubuh mereka. Asupan nutrisi lewat apa yang mereka makan juga menjadi perhatian khusus bagi tim pelatih. Menurut Coach Jake, edukasi tentang ini juga akan terus disampaikan agar para pemain bisa lebih bertanggung jawab terhadap tubuh mereka.


"Perkembangannya sepanjang musim bisa terus terpantau. Bagaimana para pemain menjaga asupan nutrisi di tubuhnya, dan kami juga terus mengedukasi mereka tentang mana yang boleh dan yang seharusnya tidak dimakan untuk menjadi seorang atlet. Tetapi semua pemain memperlihatkan perkembangan baik," katanya melanjutkan.


Meningkatnya massa otot para pemain tidak terlepas dari latihan intensif yang diterapkan beberapa waktu belakangan. Terutama saat latihan pre-season yang menguras fisik. Sehingga menurut tim pelatih, saat ini para pemain tinggal harus menjaga kondisi mereka untuk tetap berada di level yang optimal.