Search

Perjuangan Awal Kiper Garuda Select Membawa Keyakinan Untuk Belajar dan Berkembang

Updated: Jan 1

Pertandingan menghadapi Port Vale adalah adalah awal yang baik bagi kedua kiper Garuda Select, Adre dan Adhit.

Pertandingan melawan Port Vale menjadi awal yang bagus bagi tim Garuda Select di angkatan ketiga ini. Tim pelatih mencatat ada beberapa poin evaluasi di setiap lini untuk bisa memperbaiki permainan ke depannya. Tidak terkecuali sektor lini belakang, khususnya para penjaga gawang, yang selain mendapat apresiasi, juga mendapatkan beberapa catatan.


Dennis Wise mengatakan, para penjaga gawang harus tahu kapan waktunya memperlambat tempo permainan dan mempercepatnya. Ia melihat ketika Adre dan Adhitya mencoba untuk bermain cepat, justru membuat tim berada dalam tekanan. Hal ini juga diakui oleh Pelatih Kiper Garuda Select, Phil Smith.


"Pertandingan berjalan lancar, dan saya senang melihat penampilan para penjaga gawang. Mereka melakukan beberapa penyelamatan penting dan itu bagus untuk ukuran pertandingan pertama. Ada beberapa hal yang juga bisa diambil jadi pelajaran untuk mereka kembangkan,” kata Phil.


“Hal yang sangat penting adalah memahami manajemen (sistem) permainan. Ini yang menjadi tantangan bagi kebanyakan pemain muda, dimana mereka masih kesulitan menentukan kapan harus bermain cepat dan kapan harus bermain lebih lambat, dan sadar bahwa mereka punya kendali untuk untuk bisa menentukan arah tempo permainan cepat atau lambat, mereka bisa punya peran untuk menentukan itu,”


Secara khusus Phil akan memberikan pendalaman beberapa materi lain untuk para penjaga gawang mulai dari berkomunikasi dengan para bek, hingga hal-hal teknis lainnya.

“Para Kiper perlu mengerti dan belajar untuk bisa bermain sebagai sweeper, bagaimana mereka bisa memotong umpan terobosan, umpan panjang, dan bisa berbicara dengan baik di lapangan. Mereka perlu lebih memegang kendali terutama dari awal tendangan hingga bagaimana mereka bisa mengatur keempat pemain bertahan,” jelas Phil.


“Penting untuk mereka bisa berada di belakang pemain, berbicara langsung, dalam situasi-situasi yang memang mereka butuhkan untuk semakin terbiasa memberikan informasi kepada para bek di lapangan," kata Phil.


Selain itu, menurut Phil, pertandingan menghadapi Port Vale adalah adalah awal yang baik bagi kedua kiper Garuda Select, Adre dan Adhit. Bermain baik dengan melakukan penyelamatan-penyelamatan penting akan membuat mereka merasa yakin pada kemampuan yang mereka miliki.


"Mereka berdua sama-sama berhasil melakukan penyelamatan. Adre sama sekali tidak kebobolan di babak pertama, Adhit melakukan penyelamatan di babak kedua. Ini adalah awal yang positif bagi mereka berdua. Masih banyak hal yang bisa dipelajari untuk pengembangan mereka ke depannya. Poin penting dari pertandingan ini adalah mereka bisa melakukan beberapa penyelamatan yang bagus dan mereka bisa merasa yakin pada diri mereka sendiri setelah pertandingan,"


Masih banyak waktu untuk Adre dan Adhit untuk bisa meningkatkan kualitas yang mereka miliki. Phil juga menekankan akan selalu memantau kedua penjaga gawang muda tersebut untuk terus menjaga komunikasi dengan dirinya.


Sementara itu, kedua penjaga gawang mengaku sudah memiliki gambaran mengenai bagaimana kultur sepak bola Inggris serta apa yang harus disiapkan. Keduanya menyatakan, salah satu modal penting yang harus dimiliki adalah keberanian dalam bertarung. Hal ini yang menurut mereka berdua, didapat pada laga perdana melawan Port Vale.


"Selama sebulan ini metode latihannya di sini lebih fokus untuk meningkatkan fisik. Tetapi, diimbangi dengan teknik permainan dan cara kerja tim yang juga didalami," kata Aditya.


"Pada pertandingan pertama kemarin, komunikasi sama bek-bek memang masih belum terlalu maksimal karena baru pertandingan pertama. Ke depannya, saya mau memperbaiki itu sehingga nanti mainnya bisa lancar dan meraih hasil baik,” kata Adre menjelaskan.



  • Instagram