Search

Perbaikan bagi Daniel Naa, Mengasah Potensi untuk Lebih Berkembang



Daniel Naa menjadi salah satu pemain Garuda Select yang tampil bagus saat menghadapi Port Vale U18. Namun, Tim Pelatih Garuda Select melihat masih ada kekurangan yang harus diperbaiki oleh pemain kelahiran Sorong tersebut.


Daniel dipercaya duet pelatih Dennis Wise dan Des Walker sebagai starter. Daniel bermain selama 70 menit sebelum digantikan oleh Roky.


Asisten Pelatih, Danny Holmes memberikan evaluasi permainan Daniel di pertandingan debut. Ada beberapa momen pertandingan dimana Daniel membuat pelanggaran yang tak perlu dan membuat tim berada dalam bahaya dari situasi set-piece.


"Sejauh ini saya baru melihat permainan Daniel di satu pertandingan dan ia punya kelemahan yang bisa diperbaiki. Yang menarik dari Daniel adalah kelebihannya justru bisa menjadi kekurangan. Daniel selalu bermain agresif, bertarung dengan ngotot, dan punya kemauan untuk bisa merebut bola dari lawan, tapi seperti yang saya bilang tadi, itu justru bisa menjadi kelemahan," kata Holmes.


"Yang akan coba diajarkan adalah ia harus belajar kapan merebut bola dengan agresif atau tidak. Dengan kemampuan fisik yang ia punya, kemampuannya akan meningkat 100% apabila ia bisa banyak belajar," lanjut Holmes.


Holmes menambahkan melakukan pelanggaran yang tak perlu bisa berbuah kartu merah untuk Daniel. Situasi ini harus dihindari karena tidak menguntungkan bagi tim.


"Dari cuplikan saat pertandingan terlihat beberapa kali Daniel menerjang pemain dari belakang yang membuat lawan mendapat tendangan bebas. Hal ini sangat disayangkan terutama saat melawan tim seperti Port Vale U18 dan banyak tim lain di Inggris. Melakukan pelanggaran di area sendiri membuat lawan punya peluang mengirim bola ke kotak penalti. Dalam pertandingan, pelanggaran seperti ini bisa membuat Daniel terkena kartu kuning dan bukan tidak mungkin kartu merah. Ini adalah sisi negatif dari permainannya dan Daniel harus mulai belajar. Jika ia tak bisa merebut bola maka ia harus menekan lawan dan memaksanya membelakangi gawang. Jika ia bisa mempelajari ini maka ia akan menjadi pemain yang lebih baik lagi," jelas Holmes.


Namun, ada kelebihan yang dilihat Holmes dari permainan Daniel saat melawan Port Vale U-18. Selain punya fisik yang bagus, Daniel juga punya kelebihan dalam memotong umpan lawan.


"Kelebihan Daniel adalah kemampuannya untuk memotong bola. Ini ia perlihatkan beberapa kali di pertandingan kemarin dimana ia punya kemampuan bertahan yang baik dan memotong bola yang mengarah ke pemain lawan. Saat melawan Port Vale U-18 ia juga sempat membuat tekel hebat dan sempat ada momen Daniel bermain tenang dan mengirim umpan ke pemain tengah yang menjadi awal dari serangan tim. Saya ingin lebih banyak melihat hal seperti ini dari Daniel," kata Holmes.

Recent Posts

See All