Search

Pentingnya Kebugaran Fisik Untuk Pemain Muda

Menurut Pelatih Fisik #GarudaSelect, Jake Fitzsimmons, periode ini merupakan adalah momen menentukan.

Untuk seorang pemain muda, kebugaran fisik merupakan hal yang krusial. Hal tersebut menjadi syarat penting yang harus disiapkan dalam menuju ke jenjang yang lebih tinggi yakni level senior. Menurut Pelatih Fisik #GarudaSelect, Jake Fitzsimmons, periode ini merupakan adalah momen menentukan apakah seorang pemain muda bisa terus mempertahankan performanya hingga level senior atau justru menurun.


“Ketahanan fisik merupakan hal penting bagi seorang pemain untuk menunjang permainannya. Jika fisik mereka bagus, mereka tidak akan mudah lelah di saat mungkin lawan mereka sudah menurun. Itu yang menjadi penting. Maka dari itu, seorang pemain juga harus bisa mengatur kondisi tubuh mereka. Istirahat itu penting agar bisa memiliki kebugaran yang lebih baik di pertandingan atau latihan selanjutnya,” kata Coach Jake.


Ada beberapa latihan dasar yang menurut Coach Jake bisa membantu menjaga kebugaran pemain. Latihan-latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan alat-alat gym yang berat dan rumit.


Untuk tubuh bagian atas ada beberapa latihan seperti push up, plank, hingga jack knives. Tidak ketinggalan pula gerakan lain seperti shoulder touches, leg raises, hingga superman hold. Semua gerakan ini melatih beberapa otot tubuh bagian atas seperti dada hingga perut. Sementara itu, untuk tubuh bagian bawah, gerakan-gerakan seperti hamstring bridge, copenhagen, hingga jump squats, juga sangat membantu untuk menambah performa otot-otot mulai dari pinggang hingga lutut.


Menurut Coach Jake, kebugaran fisik merupakan kunci penting bagi para pemain muda untuk mempertahankan level mereka hingga ke jenjang senior. Sebagai bentuk keberlanjutan dari Program #GarudaSelect, para pemain tetap diminta melakukan latihan-latihan tersebut selama berada di Indonesia.


“Kebugaran fisik memang penting dijaga untuk para pemain muda. Saya menyiapkan beberapa materi latihan lain agar mereka tetap berada dalam kondisi yang baik jika sewaktu-waktu diminta kembali ke Inggris. Jika mereka melakukan konsisten melakukan semua sesi itu dengan kedisiplinan yang baik, seharusnya untuk masalah fisik sudah aman. Mereka tinggal berlatih aspek lain di sepakbola,”


Tingginya intensitas latihan fisik yang dilakukan para pemain #GarudaSelect selama berada di Inggris bisa disaksikan dalam episode-episode di serial Dream Chasers: Garuda Select. Tayangannya bisa dinikmati melalui semua platform Mola mulai dari aplikasi Mola, Mola Polytron Streaming Device, Polytron TV, hingga website www.mola.tv




Recent Posts

See All