Search

Pemain Paling Konsisten di Skuad Garuda Select

Updated: Dec 25, 2019

Selalu menjadi opsi pertama pelatih di awal pertandingan

Garuda Select sudah melewati sembilan pertandingan sejauh ini. Dari seluruh rangkaian tersebut, empat kemenangan, tiga kali imbang, dan tiga kekalahan menjadi hasil yang dicatatkan tim asuhan Dennis Wise dan Des Walker. Selama sembilan kesempatan pula, tim pelatih memberikan kesempatan kepada seluruh pemain yang ada untuk memperlihatkan kemampuan terbaik mereka.


Dari total 23 pemain yang dilibatkan selama sembilan pertandingan tersebut, tercatat ada dua nama yang selalu menjadi pilihan utama pelatih di awal pertandingan. Mereka adalah Kakang Rudianto dan Rafli Asrul.


Kakang mencatatkan menit bermain yang paling banyak di antara pemain-pemain lain. Dari sembilan kali ditunjuk sebagai starter, bek muda milik Persib Bandung ini sudah bermain selama 766 menit. Perannya di lini tengah hampir tidak pernah tergantikan. Hanya dua kali ia pernah ditarik keluar yakni saat menghadapi Oxford United dan Burton Albion.


Pemain lain yang selalu menjadi pilihan pertama pelatih di awal laga adalah Rafli Asrul. Pemain muda PSM itu memang jadi salah satu yang paling menonjol sejauh ini. Ia sempat mencuri perhatian Des Walker karena gaya bermainnya disebut mirip gelandang Chelsea, Jorginho.


Dari sembilan pertandingan sebagai starter, total waktu yang dihabiskan Rafli di atas lapangan adalah 708 menit. Hanya tiga kali ia tidak dimainkan penuh yakni di tiga laga awal menghadapi Northampton, Mansfield, dan MK Dons. Seiring meningkatkan kemampuan beradaptasi serta kualitas bermain Rafli, ia selalu dimainkan penuh selama enam pertandingan terakhir.


Kepercayaan pelatih ia bayar dengan produktivitas di depan gawang lawan. Sejauh ini sudah enam gol yang tercipta atas namanya. Masing-masing satu gol ke gawang MK Dons, Burton Albion, Cheltenham dan Swindon. Sedangkan dua gol lagi tercipta ketika menghadapi Port Vale.


Selain Kakang, sebenarnya ada dua pemain yang mencatatkan waktu lebih banyak dibandingkan Rafli. Mereka adalah Yogi Hermawan (765 menit) dan Bramdani (745 menit). Namun, keduanya tidak selalu ditunjuk sebagai starter oleh tim pelatih. Yogi delapan kali memulai laga sejak awal, sementara Edgard hanya tujuh kali.


Garuda Select saat ini sedang menikmati libur hingga awal tahun depan. Pertandingan melawan Swindon merupakan rangkaian terakhir sebelum bertolak ke Italia pada 2020. Selama berada di Negeri Pizza, Rafli Asrul dkk. akan menjalani pemusatan latihan di Como. Sambil juga mendapat kesempatan menghadapi tim akademi dari klub-klub beken seperti Torino, Juventus, dan Inter Milan.


  • Instagram