Search

Pemain Kelas Dunia Lulusan Man City Youth Academy

Updated: May 14

Selain memiliki sederet prestasi, mereka juga sudah banyak melahirkan pesepakbola kelas dunia yang berkarier di berbagai kompetisi top Eropa.

Lawan terakhir #GarudaSelect angkatan ketiga, Manchester City Youth Academy, adalah salah satu akademi terbaik di Inggris. Selain memiliki sederet prestasi, mereka juga sudah banyak melahirkan pesepakbola kelas dunia yang berkarier di berbagai kompetisi top Eropa.


Untuk pemain yang masih aktif merumput di Premier League, barangkali tak ada yang lebih terkenal ketimbang gelandang muda berbakat, Phil Foden, yang bergabung dengan tim akademi Man City pada 2009. Kini, Ia tak hanya menjadi andalan Pep Guardiola di tim senior Man City, melainkan juga dipercaya untuk membela Tim Nasional Inggris.


Selain Foden, terdapat pula nama Kasper Schemeichel (2002-2005) yang merupakan andalan Leicester City di bawah mistar kala mencatatkan prestasi historis dengan menjuarai Premier League musim 2015/16. Penyerang The Foxes yang telah mencetak 11 gol di Premier league sejauh ini, Kelechi Iheanacho, juga lulusan akademi Man City pada 2015. Ia bahkan sempat membela tim senior sebelum dijual ke Leicester pada 2017.


Sementara, di Bundesliga, ada Jadon Sancho (2015-2017) dan Angelino (2013-2014) yang sama-sama membela klub papan atas Jerman. Sancho berkostum Borussia Dortmund, sedangkan Angelino membela RB Leipzig. Bek Kieran Trippier (1999-2012), yang tengah merumput di La Liga bersama Atletico Madrid, juga mengawali karier sebagai pemain akademi The Citizens.


Salah satu lulusan terbaik Man City Youth Academy lainnya adalah mantan winger Timnas Inggris, Shaun Wright-Phillips. Shaun Wright-Phillips langsung mendapatkan promosi ke tim senior hanya dua bulan setelah bergabung dengan tim muda Man City pada 1999, membantu mereka promosi ke Premier League. Sebelum akhirnya dijual ke Chelsea pada 2005 dan berhasil menjuarai Premier League (2006), Piala FA (2007), dan Piala Liga Inggris (2007).



Pertandingan melawan Manchester City Youth bisa menjadi pembelajaran bagi para pemain #GarudaSelect di musim ini. Cuplikan aksi para pemain ketika menghadapi salah satu tim akademi terbaik di dunia tersebut bisa disaksikan melalui beberapa platform Mola seperti aplikasi Mola, Mola Polytron Box, Polytron TV, atau di website www.mola.tv