Search

Pemain Garuda Select Rampungkan Kelas Kepelatihan Level 1 dari FA

Kelas ini diawasi langsung oleh Steve Pritchard, ofisial dari FA.

Selain mendapatkan pengalaman berlatih langsung di bawah arahan dua sosok penting di sepak bola Inggris, Dennis Wise dan Des Walker, para pemain Garuda Select juga dibekali kemampuan lain. Salah satunya adalah soal ilmu kepelatihan.


Sejak kembali dari Italia, awal Februari 2020, Rafli Asrul dkk. mendapatkan kelas kepelatihan Level 1 FA di setiap pekannya. Kamis (5/3), merupakan periode terakhir mereka mendapatkan materi kepelatihan.


Menurut penjelasan di situs resmi FA, Kelas Kepelatihan Level 1 ini merupakan fase perkenalan dalam persiapan mengejar lisensi pelatih di Inggris. Materi yang diajarkan adalah bagaimana mendalami filosofi permainan agar bisa menjadi pendukung bagi para pemain muda ketika beranjak menjadi pelatih di masa mendatang.


Kelas ini diawasi langsung oleh Steve Pritchard, ofisial dari FA, selaku induk organisasi sepak bola di Inggris. Menurut Asisten Pelatih Garuda Select, Danny Holmes, sesi ini dimaksudkan agar para pemain lebih siap menghadapi tuntutan kebutuhan sepak bola modern di masa mendatang.


"Para tutor ini bisa memberikan wawasan baru kepada para pemain tentang dunia kepelatihan, terutama dengan para pemain muda di akar rumput. Ada beberapa sesi yang dirancang agar para pemain bisa berkomunikasi lebih baik lagi. Baik di dalam maupun di luar lapangan. Kepercayaan diri para pemain juga bertambah," kata Danny Holmes kepada Mola TV.


"Ini adalah sesi penutup dari rangkaian selama sebulan belakangan. Setelah ini, diharapkan para pemain bisa lebih mengerti soal permainan (sepak bola). Terutama ketika harus mempraktikkan teori di atas lapangan," tambah Holmes.


Dari seluruh pemain Garuda Select, ada empat pemain yang tidak ikut serta dalam sesi kali ini. Mereka adalah Risky Sudirman, Fajar Fathur Rahman, David Maulana, dan Brylian Aldama. Keempat pemain tersebut memang mendapatkan porsi latihan terpisah, khusus untuk hari ini. Selain itu, mereka sudah pernah mendapatkan kelas kepelatihan serupa pada Garuda Select musim pertama.


Mereka juga diketahui tampil penuh para laga terbaru menghadapi Reading, Selasa (3/2). Oleh karena itu, pelatih memberi mereka hari libur pada Rabu, sebelum kembali berlatih. Latihan meliputi pemulihan kondisi tubuh setelah pertandingan, sekaligus untuk mempersiapkan diri jelang menghadapi Bournemouth pada Rabu (11/3).

  • Instagram