Search

Pelatih Tekankan Pentingnya Komunikasi Dalam Permainan

Komunikasi menjadi hal yang paling krusial baik dalam bertahan maupun menyerang

Sehari jelang pertandingan menghadapi Torino U-17 di Lascaris Field, Turin, pada Rabu (8/1), tim pelatih Garuda Select terus membenahi kesiapan anak asuhnya. Duet Dennis Wise selaku direktur Teknik dan Des Walker sebagai pelatih kepala, terus mengingatkan para pemainnya untuk tetap berkomunikasi selama pertandingan.


Komunikasi dalam permainan menjadi hal yang paling krusial baik dalam bertahan, maupun menyerang. Sebagai gambaran, dari 11 pertandingan yang sudah dilakoni selama di Inggris, ada 21 gol yang dicetak oleh para pemain. Sementara untuk sektor bertahan, ada 19 gol bersarang ke gawang Garuda Select.


Pada latihan terakhir jelang pertandingan, Dennis Wise dan Des Walker memberikan arahan cukup dalam kepada pemain belakang Garuda Select, Renaldi. Pemain milik akademi PSM Makassar tersebut diminta untuk terus mengawasi area sekitarnya dari eksploitasi pemain lawan.


“Jika ada gelandang lawan yang mencoba memancing kamu keluar, perhatikan pemain di sekitar. Jangan sampai terpancing maju dan meninggalkan area kosong di belakang. Komunikasikan dengan Bramdani dan Arsa di depan untuk back up,” kata Dennis Wise kepada Renaldi.


Sang pemain pun memahami betul pentingnya saling berkoordinasi dalam beragam kondisi dalam pertandingan. “Kalau ingin melakukan pergerakan, pastikan harus bersamaan dengan pemain di kanan dan kiri sehingga bisa saling menopang satu sama lain. Kalau ada ruang kosong yang ditinggalkan, itu berbahaya,” tuturnya.


Para pemain Garuda Select sudah tiba di Italia sejak Kamis, 1 Januari 2020. Selama berada di sana, para pemain tetap menjalani rutinitas yang sama seperti di Inggris. Mulai dari latihan fisik di gym, latihan taktik di lapangan, belajar, hingga melakukan analisis video untuk pertandingan selanjutnya.


Jika berjalan sesuai rencana, rombongan tim akan berangkat ke Turin tepat pada hari pertandingan. Selama rangkaian tur Italia, Garuda Select akan selalu bertanding di markas lawan. Setelah menghadapi Torino di Lascaris, sepekan berselang, Renaldi dkk. akan menyambangi Vinovo untuk menghadapi Juventus pada Kamis, 16 Januari 2020.

  • Instagram