Search

New Journey, New Challenge

Updated: Feb 8




Desember 2018, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri memulai tekadnya untuk berjuang bersama 23 pemain lainnya di Inggris. Di bulan itu, PSSI resmi mengumumkan bahwa Bagus terpilih untuk berangkat ke Inggris mengikuti tahun perdana Program Pembinaan Pemain Usia Muda Indonesia, #GarudaSelect. Sejak kecil Bagus bermain bola, dari pertandingan antarkampung, antar kabupaten, antarprovinsi hingga mewakili Indonesia di tingkat ASEAN dan Asia baik sebagai pelajar maupun sebagai bagian Tim Nasional Indonesia U-16.


Bagus berangkat dari keluarga sederhana di Magelang, di lingkungannya dia sudah dikenal memiliki bakat bermain bola, berani dalam melakukan tekel khususnya pada waktu dia masih bermain sebagai pemain bertahan. Setelah melalui berbagai kesempatan Bagus terpilih mewakili Indonesia di Piala AFF U-16 2018 Indonesia hingga Piala AFC U-16 2018 Malaysia. Pada pertandingan melawan Australia di Babak 16 Besar AFC Cup U-16 2018 Indonesia kalah 2-3 dan Bagus gagal mencetak gol. Indonesia harus tersingkir karena kalah dalam berbagai aspek termasuk salah satunya postur badan dan skill bermain yang diakui masih di bawah Tim U-16 Australia.


Penampilan Bagus membawanya mendapat undangan dari Program #GarudaSelect dan dia berhasil terpilih oleh Dennis Wise & Des Walker untuk masuk dalam Angkatan Pertama Program ini. Pelajaran dasar dalam sepakbola, kemampuan fisik, teknik, taktik adalah aspek utama yang diberikan dalam rangkaian program #GarudaSelect. Total, sepanjang musim pertama #GarudaSelect Bagus menyumbangkan enam gol. Pada musim kedua Bagus lebih tajam lagi dengan 16 gol termasuk gol ke gawang Inter dan Juventus. Bagus bahkan sempat mencetak empat gol di pertandingan melawan Queens Park Rangers.


"#GarudaSelect adalah wadah bagi para pemain muda untuk melanjutkan karier bermain di Eropa. Jika pemain muda Indonesia punya keinginan yang kuat maka #GarudaSelect adalah salah satu jalan menuju ke sana. Banyak pengalaman yang saya dapat selama mengikuti #GarudaSelect dimana sebelumnya saya tak pernah menghadapi bek-bek tangguh yang cerdas dan mengandalkan fisik saat di Indonesia. Hal ini menjadi pengalaman berharga bagaimana saya menghadapi bek dengan tipe yang berbeda-beda. Pelatih di #GarudaSelect juga membantu saya untuk menyiapkan diri dengan baik," kata Bagus.


Bagus saat ini sudah berada di Belanda memulai mimpinya untuk mencapai cita-cita dan tujuan menjadi pemain sepakbola profesional. Bagus Kahfi bergabung dengan salah satu klub terbesar di Belanda, FC Utrecht dan diumumkan secara resmi pada tanggal 5 Februari 2021. Bagus tak langsung masuk tim utama, tapi harus berjuang dulu dari Utrecht U-18. "Bagus pemain yang kreatif serta punya kemampuan teknik dan dribble yang baik. Bagus sudah terbukti di klub dan timnas Indonesia dengan gol-gol yang ia buat," kata Direktur Teknik Utrecht, Jordy Zuidam.


Cerita Bagus menjadi contoh perjuangan panjang pemain yang belajar menempa diri menjadi lebih baik untuk mengejar cita-cita menjadi pemain profesional di Eropa. Mimpi Bagus adalah mimpi jutaan anak-anak muda Indonesia yang ingin bisa menimba ilmu untuk mengukir sejarah membawa nama Indonesia di mata dunia.

Kami Bangga, Bagus. Semoga perjalananmu di Eropa membawa nama baik bangsa Indonesia dan Merah Putih. Semoga mimpi kamu bisa berlanjut menjadi lebih tinggi, dan kami semua akan selalu memberikan semangat dan dorongan untuk perjalanan kariermu yang masih panjang terbentang di depan. Semoga lebih banyak anak-anak Indonesia bisa berkesempatan belajar di Program #GarudaSelect dan mengikuti jejak Bagus Kahfi.

  • Instagram