Search

Mimpi Fernando Pamungkas Lanjutkan Karier di Eropa




Fernando Pamungkas menjadi salah satu pemain yang kembali dipanggil mengikuti Program #GarudaSelect untuk kedua kalinya. Setelah tampil bagus pada musim kedua, Nando kembali dipilih oleh Dennis Wise dan Des Walker untuk masuk ke skuad musim ketiga. Musim lalu, Nando tampil di 10 pertandingan bersama #GarudaSelect. Ia menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah dalam formasi 4-3-3 bersama David Maulana dan Brylian Aldama.


"Saya merasa beruntung karena bisa kembali bergabung dengan #GarudaSelect. Sepanjang musim kemarin saya merasakan perkembangan baik dari segi fisik, teknik, dan pemahaman taktik. Menurut saya, bisa kembali bergabung di musim ketiga menjadi kebanggaan dan kesempatan bagi saya untuk terus meningkatkan kemampuan," kata Nando. "Tak hanya itu, saya bersyukur karena selama mengikuti #GarudaSelect saya juga merasakan perkembangan di kehidupan sehari-hari. Hidup di luar negeri jauh dari keluarga membuat saya menjadi lebih mandiri dan percaya diri," tambah Nando.


Asisten Pelatih, Danny Holmes mengungkap alasan memanggil kembali pemain kelahiran Surabaya tersebut. "Nando memperlihatkan kualitasnya pada musim lalu. Ia bagus saat sedang menguasai bola, punya daya jelajah yang tinggi di lapangan, serta bisa bersaing dengan pemain tengah lawan. Ia bisa belajar dengan cepat bahwa pertandingan sepak bola membutuhkan kekuatan fisik terutama untuk menghadapi lawan-lawan yang ada di Inggris," kata Danny.


"Sejak kembali ke Inggris musim ini, Nando lebih percaya diri. Saya berharap di dalam pertandingan dia bisa menunjukkan kualitas dengan memperlihatkan kemampuan daya jelajahnya, merebut bola dari lawan, serta cepat mengalirkan bola agar dapat membuat peluang untuk tim," jelas Danny.


Nando menyadari pentingnya mengikuti arahan pelatih agar bisa berkembang lebih jauh lagi. "Pelatih banyak memberikan saran kepada saya untuk terus bisa meningkatkan kemampuan. Saya diminta untuk lebih agresif, tenang saat menguasai bola, dan cepat mengambil keputusan. Saya terus berlatih untuk bisa menjalankan saran tersebut sebaik-baiknya dan saya berharap permainan saya bisa lebih baik lagi, tambah Nando.


Nando sendiri punya mimpi #GarudaSelect musim ini menjadi pembuka jalannya untuk bermain di Eropa. Ia berharap bisa mengikuti jejak seniornya Bagus Kahfi dan Brylian. "Menurut saya #GarudaSelect adalah jalan yang sangat berharga untuk bisa berkarier di Eropa, terbukti dengan Bagus yang baru bergabung dengan FC Utrecht dan Brylian yang akan bergabung bersama HNK Rijeka di Kroasia. Saya ingin bisa menjadi seperti mereka bermain di klub Eropa dan memperkuat Tim Nasional Indonesia," harap Nando.

  • Instagram