Search

Menanti Panggilan Timnas, David Maulana Semangati Rekan-rekannya

Choki Sihotang


Kendati Program Garuda Select angkatan kedua telah usai, tak berarti perhatian David Maulana kepada juniornya terhenti. Gelandang pekerja keras asal Medan, Sumatera Utara, itu tetap menjalin komunikasi serta menjaga tali silaturahmi.


David juga berharap agar para penggawa Garuda Select angkatan kedua, yang sebagian besar berasal dari sejumlah klub di tanah air, bisa meneruskan karier ke level yang lebih tinggi lagi, yakni masuk tim nasional (timnas).


"Buat saya, mereka merupakan pemain-pemain yang bagus," kata David kepada SuperSoccer.


Mantan pilar Indonesia U16 tersebut ikut merasa bangga dan gembira, terkait pemanggilan salah satu pemain Garuda Select angkatan kedua yang mengikuti pemusatan latihan (TC) Indonesia U19 yang dipersiapkan guna mengikuti Piala Asia U19 di Uzbekistan pada Oktober mendatang.


Pemain yang beruntung tersebut adalah Erlangga Setyo, penjaga gawang andalan Persib Bandung U16.


"Harapan saya semoga dia bisa tampil sesuai yang diinginkan pelatih," ujar David, yang pada 2018 lalu ikut berkontribusi membawa Indonesia U16 menjuarai Piala AFF U16.


Pemain yang juga pernah memperkuat PSMS Medan U15 ini berpesan kepada pemain lain yang belum bernasib sama seperti Erlangga, agar panjang sabar.


"Harus tetap berusaha dan kerja keras," ujar putra kebanggaan pasangan Ngadiran dan Tukini itu.


David tak memungkiri bahwa persaingan sangat ketat di timnas. Terlebih saat ini timnas dikepalai pelatih yang terkenal keras dan disiplin asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.


Meski begitu, David meyakini bahwa dengan tempaan selama berbulan-bulan di Inggris dan Italia, dari Oktober 2019 hingga Maret 2020, jebolan Garuda Select bisa unjuk gigi bila memang diberi kesempatan.


"Selain bagus, mereka juga punya potensi," tukas David, yang pada 2018 didapuk sebagai pemain terbaik di turnamen Jenesys di Jepang, yang sekaligus membawa Indonesia U16 meraih titel juara di sana.


David bukan wajah baru di skuad elit Garuda Select. Kelahiran 25 Februari 2002 itu merupakan alumnus Garuda Select angkatan pertama yang juga berguru di Inggris, Januari sampai Mei 2019.


Jebolan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara ini kembali dipanggil duet pelatih Dennis Wise dan Des Walker ke Inggris pada Desember 2019.


Selain David, lima pemain lain juga dipanggil. Kelimanya adalah Fajar Fatur Rahman, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, Bagus Kahfi, serta penjaga gawang Risky Sudirman.


Pengalaman dan jam terbang yang cukup tinggi membuat David kerap masuk starting XI. David juga menempati urutan teras daftar kapten Garuda Select. Sedikitnya, pemain asal Barito Putera dipercaya sebagai kapten sebanyak 12 kali.


Ditempat kedua Kakang Rudianto (8) dan terakhir Fajar Fatur Rahman (1). Garuda Select melakoni 21 laga, termasuk empat uji coba di Italia.


Aksi dan perjuangan Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram