Search

Memantau Kebugaran Pemain Lewat Fat Test

Perkembangan fisik skuad #Garudaselect dipantau secara rutin oleh tim pelatih.

Perkembangan fisik skuad #Garudaselect dipantau secara rutin oleh tim pelatih. Mereka berusaha memastikan para pemain memiliki persentase lemak tubuh rendah serta massa otot yang dibutuhkan untuk berkembang secara maksimal.


Sesi latihan di lapangan dan gym yang telah dijalani para pemain selalu mendapat evaluasi mendetail. Pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons, menjelaskan bahwa data yang didapatkan akan sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya bagi para pemain.


"Kami mencatat perhitungan tinggi dan berat badan sepanjang musim untuk melihat perubahan setelah mereka menjalani latihan yang telah dijalani. Kami ingin semua pemain memiliki persentase lemak tubuh serendah mungkin dan kondisi tubuh sebaik mungkin," kata Fitzsimmons.


"Dengan mengumpulkan data, kami bisa memutuskan hal-hal yang dibutuhkan pemain. Hal ini akan berguna ketika mereka bermain di lapangan," lanjut dirinya.


Secara keseluruhan, kondisi para pemain sudah jauh membaik ketimbang pertama kali menginjakkan kaki di Inggris sekitar satu bulan lalu. Beberapa mampu mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan massa otot.


"Dustin (Pratama) berhasil mengurangi lemak tubuhnya sebesar 1,5% dan menambah massa ototnya sebanyak 4 kilogram," Fitzsimmons menjelaskan. "Edgard (Amping) dan Rendy (Sanjaya) mampu menjaga lemak tubuh mereka di level yang sangat baik, serta meningkatkan massa otot mereka sebesar 2-2,5 kilogram."


"Mereka sudah semakin bugar sebagai sebuah tim. Ada beberapa pemain yang lemak tubuhnya sudah menurun, ada juga yang sudah menambah berat badan karena sebelumnya mereka terlalu kurus. Mereka membutuhkannya untuk menambah massa otot," dirinya menambahkan.