top of page
Search

Melatih Kemandirian di Program #GarudaSelect

Berada jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat di usia muda tentu tidak mudah.

Berada jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat di usia muda tentu tidak mudah. Ditambah lagi, segala kebutuhan pribadi mulai dari mengatur keuangan, membeli kebutuhan sehari-hari, hingga mencuci pakaian juga harus dilakukan sendiri.


Setidaknya itulah gambaran dari apa yang harus dilakukan para pemain #GarudaSelect di luar waktu latihan dan pertandingan. Beberapa pemain pun menceritakan pengalaman mereka hidup jauh dari keluarga dan harus mengurus semuanya sendiri.


"Untuk saya pribadi pastinya ini adalah hal yang baru. Apalagi harus jauh dari orang tua, semuanya harus diurus sendiri. Belum lagi ketika kondisi badan drop karena lelah, saya jadi kadang sedih dan teringat rumah. Tetapi semua harus tetap dijalani dengan semangat," kata penjaga gawang #GarudaSelect, Adre Arido.


Sementara itu, Elia Di Giuliomaria, menganggap hal ini adalah bagian dari pembelajaran yang harus dihadapi. "Ini adalah pengalaman yang memang sudah ingin saya rasakan sejak lama. Saya harus melakukan semuanya sendiri jauh dari orang tua, termasuk membagi waktu antara belajar, latihan, dan bersantai," kata Elia menceritakan.


Bagi Faqih Maulana, berada jauh dari rumah dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri bukan hal baru baginya. Ia mengakui pernah melakukan hal yang sama dengan klub di Indonesia. Hanya saja kali ini, perbedaannya dari segi geografis. "Tantangannya mungkin hanya bagaimana mengatur keuangan karena di usia seperti saya tentu banyak keinginan yang harus diatur. Kalau soal tinggal jauh dari rumah, sudah agak terbiasa karena dulu pernah delapan bulan tingal di mess jadi agak terbiasa mencuci sendiri dan sebagainya," katanya.


Selain pentingnya melatih kemandirian dalam kegiatan sehari-hari, para pemain juga bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan belajar sebagai individu yang mempunyai kedisiplinan. Hal yang sangat penting untuk bekal kehidupan mereka nanti ketika dewasa dan apabila mereka akan berkarir di tempat yang jauh dari negara asal mereka.

Recent Posts

See All
bottom of page