Search

Let's Train with #GarudaSelect, Latihan Dribbling bersama Coach Danny Holmes



Pada sesi kali ini Asisten Pelatih #GarudaSelect, Danny Holmes bersama Fernando Pamungkas mengajak untuk melakukan latihan dribbling sederhana yang bisa kita lakukan di rumah masing-masing. Coach Danny menjelaskan ada tiga-tipe latihan menggiring bola yang bisa dilakukan, yaitu straight line dribbling, zig zag dribbling, dan quick turning square.


"Straight line dribbling berguna untuk melatih kecepatan kaki dalam membawa bola. Caranya adalah menggiring bola dengan melewati lima cone yang sudah disiapkan. Tantangan untuk Nando dan kita semua yang di rumah adalah berapa kali putaran kita bisa menggiring bola melewati rintangan cone ini dalam waktu 30 detik," kata Coach Danny.


"Kemudian yang kedua ada zig zag dribbling. Latihan ini sebenarnya mirip dengan straight line dribbling, tapi yang membedakan adalah peletakan cone yang dibuat dalam posisi zig zag," jelas Coach Danny.


"Terakhir ada latihan quick turning square. Caranya, siapkan empat buah cone yang disusun menjadi bentuk persegi dan lakukan dribble di luar kotak tersebut secepat mungkin," tambah Coach Danny.


Nando bercerita bahwa menu latihan ini rutin ia lakukan setiap hari. "Menurut saya sesi latihan yang diberikan Coach Danny ini sangat penting karena merupakan dasar yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola. Saya rutin melakukan latihan ini setiap hari karena sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan saat menggiring bola," kata Nando.


Coach Danny sendiri berbagi tips bila ingin melakukan latihan ini. "Bagi yang ingin mencoba latihan ini penting sekali untuk menggunakan kedua kaki, jangan menggunakan kaki kanan atau kaki kiri saja agar kemampuan dribbling bisa dilakukan maksimal dari kedua kaki," jelas Coach Danny.