Search

Latihan Situasi Set-Piece untuk Pembelajaraan Pemain

Updated: Jan 31

Program latihan yang diberikan Tim Pelatih kali ini fokus pada aspek pemahaman teknik.

Memasuki bulan kedua Program #Garuda Select, para pemain disibukkan dengan berbagai materi latihan. Program latihan yang diberikan Tim Pelatih kali ini fokus pada aspek pemahaman taktik. Salah satunya adalah dengan melatih kemampuan dalam menghadapi situasi set-piece atau situasi bola mati yang memang menjadi materi latihan rutin setiap pekannya.


Menurut Asisten Pelatih Garuda Select, Danny Holmes, latihan dalam situasi set-piece ini sangat krusial untuk pembelajaran pemain. Terutama untuk menghadapi tim-tim di Inggris, situasi dari bola mati benar-benar bisa menjadi penentu dalam pertandingan. Itulah alasannya para pemain terus menerus diberikan pemahaman tentang apa yang seharusnya dilakukan.


"Jika pemain bisa menempatkan posisi dengan baik pada situasi bola mati ketika bertahan, mereka akan terhindar dari kebobolan yang tidak perlu. Sebaliknya, jika melakukannya dengan benar pada saat menyerang, peluang mencetak gol akan lebih besar," kata Holmes.


Di mata para pemain, latihan dari situasi bola mati ini membuat mereka punya pemahaman lain dalam melihat situasi dalam pertandingan. Sejak mengikuti Program #GarudaSelect, mereka jadi paham bahwa set piece tidak hanya sekadar mengarahkan bola langsung ke gawang.


Salah satunya adalah Ibnul Mubarak, yang berposisi sebagai bek tengah. "Sejauh yang saya sudah dapatkan di sini, arahan yang diberikan itu lebih detil. Kalau sebelumnya waktu latihan di Indonesia saya banyak diinstruksikan hanya menjaga pemain lawan, tetapi di sini saya diarahkan lebih detil mulai dari mulai posisi berdiri, area mana yang harus dijaga dan sebagainya, semuanya diajarkan dengan lebih jelas. Kedepannya saya masih harus terus memperbaiki antisipasi bola atas," kata Ibnul.


Rekan satu posisi Ibnul, Faqih Maulana, juga merasakan hal yang sama. "Kalau dibandingkan dengan latihan yang saya dapatkan di Indonesia, latihan di sini sangat detil, sangat jelas apa yang harus dilakukan. Mungkin harus lebih tenang saat ada tendangan sudut dan tendangan bebas ketika menyerang. Kalau dari sisi bertahan, kekuatan fisik harus lebih ditingkatkan agar bisa bersaing dengan para pemain Inggris yang posturnya tinggi dan kuat" kata Faqih

Menurutnya, fokus merupakan kunci yang harus selalu dipegang dalam berbagai situasi dari bola mati. Meski mengaku masih banyak yang harus diperbaiki, Faqih percaya bahwa secara perlahan para pemain akan semakin memahami apa yang harus dilakukan.

  • Instagram