Search

Kemajuan Nando, Edgard dan Rafli di Musim Ketiga

Hal ini tidak terlepas dari latihan pra-musim yang dijalani selama masa lockdown nasional Inggris.

Tiga pemain #GarudaSelect angkatan kedua yang kini turut membela angkatan ketiga, yakni Edgard Amping, Rafli Asrul, dan Fernando Pamungkas merasakan peningkatan fisik yang cukup pesat. Hal ini tidak terlepas dari latihan pra-musim yang dijalani selama masa lockdown nasional Inggris.


Jika dibandingkan dengan musim kedua, para pemain #GarudaSelect di musim ketiga ini memang ditempa lebih keras di dalam program latihan fisik. Larangan bagi pertandingan non-profesional yang diterapkan pemerintah Inggris membuat tim pelatih melakukan serangkaian program untuk meningkatkan kekuatan fisik para pemain.


"Bagi saya pribadi, selama beberapa bulan disini, perkembangan fisik yang paling terasa. Selama lockdown, kami mendapat serangkaian program fisik termasuk diantaranya beberapa kali latihan berlari sejauh lima kilometer selama kurun waktu lebih dari satu bulan," Nando menjelaskan.


"Para pelatih meminta kami untuk fokus meningkatkan kekuatan fisik selama lockdown. Untuk teknik, kami juga diminta untuk belajar memahami pola permainan yang diinginkan tim pelatih agar bisa digunakan ketika nanti kami bertanding," kata Edgard yang dipercaya menjadi kapten di #GarudaSelect angkatan ketiga.


Sementara bagi Rafli, peningkatan bukan hanya terasa dalam aspek fisik. Ia meyakini bahwa kemampuannya dalam mengolah bola ikut meningkat setelah menjalani latihan lebih dari satu kali dalam sehari. "Ada banyak peningkatan yang saya rasakan. Saya juga merasakan cara bermain saya berubah jika dibanding dengan musim kedua, utamanya untuk urusan pengambilan keputusan. Saya sekarang merasa bisa lebih baik dalam mengetahui kapan waktunya mengoper, menggiring, atau menendang bola," kata Rafli.


Tim #GarudaSelect kini tengah bersiap untuk kembali bertanding melawan akademi-akademi klub terbaik Inggris, mereka terus menjalankan program latihan seperti biasa, yaitu kombinasi program kekuatan fisik, teknik dan pemahaman taktik baik secara individu maupun berkelompok.