Search

Kekompakan Dua Kiper Masa Depan Indonesia

Updated: Jan 3

Harapan Timnas untuk memiliki duet kiper sekaliber Alisson dan Ederson.


Garuda Select season kedua memiliki dua sosok kiper tangguh dalam diri Yogi Hermawan dan Erlangga Setyo. Kiper yang masing-masing dimiliki Barito Putera dan Persib Bandung ini bergantian menjaga jala Garuda Select. Meski secara posisi mereka memperbutkan satu tempat yang sama, namun keduanya justru saling mendukung satu sama lain.


Ketika Erlangga mengalami cedera saat menghadapi Northampton, Garuda Select praktis hanya tinggal memiliki seorang kiper yaitu Yoga. Nama terakhir merasa kehilangan lantaran rekannya harus menjalani pemulihan dan tidak dapat mengikuti sesi latihan bersama. "Sangat disayangkan ketika Angga (sapaan Erlangga) cedera. Saya latihan (kiper) sendiri. Tak ada teman ngobrol, tak ada yang diajak cerita," jelas Yogi saat diwawancarai Mola TV.


Baginya, kesamaan posisi tidak melulu menjadikan dirinya dan Erlangga bersaing. Keduanya bahkan bisa belajar dan berkembang bersama-sama. "Saya berkembang dan menimba ilmu sama dia. Sama-sama belajar. Orangnya pun menyenangkan," tutur Yogi.


Kekompakan Yogi dan Erlangga sedikit mengingatkan kita pada dua kiper Brasil, Alisson Becker dan Ederson Moraes. Keduanya saat ini tengah berada di puncak karier dan sudah mencicipi berbagai gelar bersama klub masing-masing. Alisson menjadi kampiun Eropa bersama Liverpool di musim lalu, sedangkan kompatriotnya sukses menyapu bersih semua gelar domestik bersama Manchester City.


Di timnas Brasil, duo Alisson-Ederson sudah bersama-sama sejak level junior hingga senior. Keduanya sejauh ini sukses membawa Selecao menjuarai Copa America 2019.


Di luar lapangan, Alisson dan Ederson nyatanya juga bersahabat baik. Meski saling berkompetisi, mereka berdua kerap memberi support satu sama lain. Salah satunya ketika Ederson menyambut Alisson dengan makan bersama ketika ia baru tiba di Liverpool awal musim 2018/19 lalu.


Yoga dan Erlangga memang belum memiliki prestasi segemilang dua nama di atas. Namun, apa yang ditunjukkan Yoga dan Erlangga mampu membawa atmosfer positif bagi tim melalui kekompakan antar keduanya.


Pentingnya komunikasi dan kekompakan sendiri jadi fokus utama pelatih kepala, Des Walker. "Kita tidak mungkin bermain baik tanpa komunikasi yang juga baik, apalagi kalau mereka (pemain) tidak saling berbicara. Penting untuk selalu berkomunikasi guna menjaga kekompakan," ujarnya.


Jika mampu terus mempertahankan kekompakan sembari saling support satu sama lain, Yogi dan Erlangga akan menjadi duo kiper tangguh Timnas Indonesia yang diharapkan mampu membawa berbagai prestasi di masa depan.

  • Instagram