Search

Kakang Rudianto Berkembang Pesat Selama Program Garuda Select

Gerry Putra


Bek Garuda Select, Kakang Rudianto, merasa bahwa kemampuannya berkembang pesat setelah dirinya ikut berlatih di Inggris. Pemahaman taktik permainan menjadi hal yang paling dirasakan oleh Kakang.


Kakang merasakan manfaat dilatih oleh dua pelatih Inggris, Dennis Wise dan Des Walker. Dari aspek taktik dan skill, bek asal Persib Bandung itu terbilang baik dengan selalu tampil konsisten dalam setiap pertandingan Garuda Select.


"Alhamdulillah selalu diberi kesehatan dan mendapat banyak pelajaran dalam bermain sepak bola dengan lebih baik lagi. Saya jadi semakin berkembang terutama dalam pemahaman taktik dan bermain dengan solid," kata Kakang.


Tidak hanya matang dalam sisi taktik dan strategi, Kakang juga merasa mentalnya semakin menguat. Bek asal Cianjur, Jawa Barat, itu kerap menjadi andalan lini belakang Garuda Select, bersama Edgard Amping dan Dodi Irawan.


Peningkatan mental itu juga membuat Kakang delapan kali ditunjuk oleh tim pelatih menjadi kapten Garuda Select dari 21 pertandingan yang dilalui. Rinciannya, empat selama di Inggris dan empat ketika tur Italia. Kakang juga menjadi pemain kedua terbanyak sebagai kapten setelah David Maulana (12 kali).


"Secara mental juga terpupuk. Yang paling terasa, waktu di pertandingan. Sejak sepak mula harus sudah siap karena sebagai pemain belakang, halauan pertama bikin saya lebih semangat," kata jebolan Diklat Persib itu.


Selama di Inggris dan tur Italia, Kakang mencatatkan menit bermain paling banyak di antara pemain lain. Dari sembilan laga yang sudah dilalui, Kakang telah bermain selama 766 menit. Ia hanya dua kali ditarik ke luar lapangan, melawan Oxford United dan Burton Albon.


Kini, Kakang memperkuat Persib U18 setelah promosi dari tim U16. Bersama kedua rekannya di Garuda Select yang berasal dari Persib, yakni Erlangga Setyo dan Ferdiansyah, Kakang diharapkan menjadi andalan sekaligus teladan pemain lainnya di Persib Junior.


"Yang pasti, mereka bukan anak emas. Kami memang membutuhkan mereka. Tapi saya juga enggak mau mereka di sini menjadi over confidence," kata Kartono selaku pelatih Persib U18 dari laman klub.


"Over confidence sangat buruk, tidak hanya buat pemain itu sendiri tapi juga buat tim. Ini tugas kami dari tim pelatih. Jika mereka buat kesalahan harus tetap diberi tahu sehingga mereka bisa memperbaikinya," tukas Kartono.


Aksi serta perjalanan Kakang bersama Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers musim kedua. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram