Search

Hasil Bagus dari Level Kebugaran Rafli



Muhammad Rafli Asrul berhasil mencatatkan angka 20.0 dalam Yoyo Test perdana Garuda Select angkatan ketiga. Meski telah memiliki pengalaman musim lalu, hasil tersebut tetap membuat pelatih fisik Jake Fitzsimmons terkesan.


Rafli sempat kembali ke Indonesia setelah program Garuda Select angkatan kedua berakhir. Dengan pola latihan dan cuaca yang berbeda, sudah dipastikan memberi pengaruh pada level kebugaran Rafli.


"Saya pikir Rafli mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang kami duga, mengingat ia kembali (ke Indonesia) dan tidak berlatih seintens ketika masih di sini (tahun lalu)," kata Fitzsimmons. "Tetapi, secara umum, semuanya berada di level yang telah kami prediksi, mempertimbangkan mereka baru berlatih dua pekan di sini."


Pemain kelahiran 19 Februari 2003 tersebut menilai salah satu alasan bisa mencapai angka tinggi dalam Yoyo Test perdana kemarin adalah karena dia sempat berlatih bersama tim senior PSM. Bagaimanpun, ia tetap belum merasa puas dan yakin bisa mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya.


"Bagi saya, Yoyo Test itu sangat bermanfaat bagi saya. Saya kan berposisi sebagai gelandang, jadi perlu nafas yang kuat," kata sosok bertinggi badan 165 cm itu. "Kalau saya sih sejujurnya belum puas. Saya harus latihan terus dan lebih kerja keras. Apalagi, ini adalah kedua kalinya saya dipanggil (masuk Garuda Select), jadi saya harus manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin."


Jika dibandingkan dengan Yoyo Test perdana Garuda Select angkatan kedua, skuad angkatan ketiga ini sedikit lebih baik secara keseluruhan. Sekalipun ada beberapa pemain yang angkanya terbilang rendah, Fitzsimmons melihat itu merupakan hal yang wajar, terutama mengingat para pemain belum lama tiba di Inggris.


Rata-rata, hasil yang dicapai para pemain Garuda Select berada di angka 16 hingga 17, sementara yang terbaik berada di angka sekitar 20.


Satu hal yang menjadi fokus Fitzsimmons dan tim pelatih melalui Yoyo Test ini adalah mencari cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran para pemain secara individu.


"Terdapat sedikit peningkatan secara keseluruhan, tetapi memang di awal seperti ini pasti terdapat hasil yang sangat variatif. Ada yang mendapatkan hasil buruk, ada yang hasilnya sangat baik. Bagaimanapun, kami ingin meningkatkan hasil mereka secara individu setinggi mungkin," kata Fitzsimmons.


Perlu diketahui, hasil Yoyo Test perdana Garuda Select angkatan ketiga ini secara umum tidak jauh berbeda dengan hasil pemain di klub-klub Inggris seusia mereka. Hal tersebut semakin menumbuhkan optimisme tim pelatih bahwa para pemain Garuda Select akan terus berkembang.


"Posisi kita hampir sama aja dengan yang di sini, terutama untuk tim yang sedang menjalani pre-season. Dan mereka akan berkembang lebih baik lagi sepanjang musim nanti," kata Fitzsimmons.