Search

Dennis Wise: Beradaptasi Dengan Berbagai Situasi

Gillingham U-18 vs Garuda Select



Jakarta, 25 November 2019 - ​Setelah melewati lima pertandingan, Garuda Select angkatan kedua kembali akan melakukan laga tandang. Tim bentukan kerjasama antara PSSI dengan Mola TV kali ini akan menghadapi Gillingham FC U-18 di Priestfield Stadium, Selasa, 26 November 2019. Legenda Chelsea dan tim nasional Inggris yang kini bertugas sebagai Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, bersama Pelatih Kepala, Des Walker, memang menyiapkan jadwal pertandingan yang sangat ketat untuk Garuda Select.

Sebagian besar jadwal pertandingan adalah laga tandang, termasuk menghadapi Gillingham. Setidaknya enam jam waktu tempuh pulang pergi dari markas Garuda Select di Birmingham menuju Gillingham yang berjarak 255 km. Disiplin, latihan keras, jadwal padat, serta perjalanan panjang, tetapi para pemain harus selalu siap karena itu merupakan bagian dari hidup mereka jika ingin menjadi pemain hebat suatu saat kelak.

“Saya harus katakan, kami tidak banyak bermain di pertandingan kandang, tapi lebih banyak bermain tandang. Jadi, akan ada banyak perjalanan dan sebagai pemain sepakbola mereka harus mampu beradaptasi dengan berbagai situasi, tak peduli di mana pun dan dalam situasi apa pun,” kata Dennis Wise.

Dennis Wise dan Des Walker memang tidak hanya menggembleng para pemain Garuda Select yang usianya rata-rata baru 16 tahun agar berkembangan dalam pemahaman dan teknik permainan di lapangan, tetapi mereka juga mendidik para pemain tentang hal-hal yang sangat mendasar menyangkut mental, sikap, dan kepercayaan diri. Walker pun selalu mengingatkan para pemain untuk selalu mengedepankan kebersamaan, saling respek, dan selalu tersenyum agar bisa menikmati permainan termasuk menjelang pertandingan melawan Gillingham U-18.


Gillingham U-18 sendiri merupakan klub yang berkiprah di Youth Alliance Southeast Division atau setara Divisi 3 dalam sistem U-18 Professional Development di Liga Inggris. Di Southeast Division ini Gillingham U-18 berkompetisi dengan 10 klub lain termasuk Milton Keynes Dons yang juga telah dihadapi oleh Garuda Select. Ketika menghadapi Milton Keynes Dons, tim Garuda Select berhasil meraih kemenangan 3-2.


Hanya saja, jika melihat perkembangan kedua tim di Youth Alliance, kualitas permainan dan ketajaman Gillingham U-18 lebih baik dari MK Dons. Artinya tim Garuda Select kembali akan mendapat ujian berat, meski Garuda Select juga berpeluang besar dan pasti mengejar kemenangan kembali seperti ketikamengalhkan MK Dons.


Penampilan Garuda Select di setiap pertandingan dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di Mola TV. Selain itu, Mola TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select. Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia.


Garuda Select kali ini merupakan angkatan kedua. Sebelumnya Garuda Select berlangsung hanya di Inggris selama lima bulan hingga Mei 2019. Sementara Garuda Select angkatan kedua selain bermarkas di Bimingham, Inggris, juga akan merasakan pelatihan di Como, Italia, ​sehingga para pemain dapat merasakan bermain menghadapi lawan dengan tipe permainan dan taktik yang berbeda. Arsenal, Leicester, Chelsea, dan lawan lawan lama dari musim lalu kembali akan menjajal tim Garuda Select, namun kali ini ada tambahan beberapa lawan baru seperti Manchester City di Inggris dan Como, Torino, Juventus, serta ​Internazionale Milan.



  • Instagram