Search

Gary Lewin, Fisioterapis Bagus Kahfi yang Pernah Selamatkan Karier Bintang Arsenal



Gary Lewin, yang saat ini menangani penyembuhan cedera Bagus Kahfi, merupakan fisioterapis ternama di Inggris. Setelah 22 tahun mengabdi bersama Arsenal, saat ini ia menjadi fisioterapis timnas Inggris.


Ketika Lewin masih berada di Arsenal ia menjadi saksi cedera parah yang diderita penyerang asal Kroasia, Eduardo, pada tahun 2008. Ketika itu, Eduardo mendapat tekel dari penggawa Birmingham City, Andre Taylor.


Terjangan Taylor membuat Eduardo mengalami retak tulang fibula dan patah kaki. Taylor pun mendapat kartu merah karena aksinya, dan Eduardo harus menepi selama hampir setahun.


Sementara itu, Lewin sebagai fisioterapis punya tugas memberikan pertolongan pertama ketika pemain mengalami cedera. Kepada The Athletic, Lewin bercerita tentang cedera yang ia sebut terparah dalam kariernya.


"Saya tak akan pernah lupa. Itu adalah cedera terparah yang pernah saya lihat dan sulit menghapusnya dari pikiran saya," ucap Lewin.


"Ketika saya berlari ke lapangan saya melihat pergelangan kakinya berbelok ke arah yang salah. Eduardo sangat kesakitan dan langkah pertama yang saya lakukan adalah memeriksa pergelangan kakinya.


"Eduardo bicara menggunakan bahasa Portugis, saya memanggil Cesc Fabregas yang bicara bahasa Spanyol karena bahasa keduanya mirip-mirip. Saya berkomunikasi dengannya untuk mengetahui apa yang ia rasakan. Paling penting adalah menenangkan Eduardo," jelasnya.


Lewin langsung melarikan Eduardo ke RS Selly Oak. Di sana, Eduardo langsung menjalani operasi.


"Di sana merupakan rumah sakit militer yang menangani tentara-tentara yang mengalami cedera sepulang dari Afghanistan. Dokter di sana sangat bagus dan mampu melakukan operasi dengan baik," kata Lewin lagi.


Usai menjalani operasi, Lewin memimpin proses rehabilitasi Eduardo. Ia akhirnya bisa pulih total dan kembali bermain bersama The Gunners setahun berselang.


Seperti Eduardo, Bagus saat ini mendapat sentuhan tangan dingin Lewin. Bagus memasuki masa rehabilitasi usai menjalani operasi karena cedera pergelangan kaki, ligamen, dan fibula kaki kiri. Bagus diperkirakan absen dari lapangan hijau selama enam sampai delapan bulan ke depan.

  • Instagram