Search

Fokus Penguatan Fisik melalui Program Gym Pemain

Kekuatan Fisik jadi modal awal dalam pengembangan kemampuan pemain dalam Sepakbola.

Kekuatan Fisik jadi modal awal dalam pengembangan kemampuan pemain dalam Sepakbola. Selain agenda latihan rutin, Tim pelatih #GarudaSelect juga secara khusus menyiapkan program penguatan fisik berupa Gym Program yang disesuaikan dengan kebutuhan fisik masing-masing pemain. Program khusus ini disebut Individualised Gym Program, dimana setiap pemain mendapatkan porsi latihan yang berbeda satu sama lain.


Orang yang bertanggung jawab memantau langsung perkembangan kebugaran pemain adalah Jake Fitzsimmon selaku pelatih fisik. Ia mengantongi catatan kebugaran seluruh pemain sejak hari pertama yang memudahkannya dalam menentukan porsi latihan untuk pemain.


"Masing-masing pemain akan mendapatkan program spesifik yang membantu mereka terhindar dari cedera yang pernah dialami atau meningkatkan keunggulan yang sudah miliki. tujuannya agar mereka siap saat masuk lapangan," kata Jake.


Bagi sebagian pemain, hal ini jelas merupakan hal baru. Oleh karena itu, Fitzsimmons memulainya dengan memberikan latihan-latihan dasar sambil dengan waktu berjalan secara bertahap akan semakin lebih berat.


"Secara bertahap kita akan menambahkan latihan yang lebih kompleks dengan beban yang lebih berat atau gerakan dengan level yang lebih tinggi. Tujuannya agar secara fisik mereka bisa terus menjadi lebih kuat seiring berjalannya Program Garuda Select musim ini,"


Pertandingan pertama menghadapi Port Vale beberapa waktu lalu cukup menjadi bukti betapa fisik yang kuat memang diperlukan oleh para pemain. Meski secara keseluruhan dianggap mampu bersaing, beberapa pemain tetap memiliki catatan yang harus diperbaiki.


Salah satunya Ibnul Mubarak yang menurut Dennis Wise dan Des Walker masih harus meningkatkan massa ototnya. Lewat program khusus ini, Ibnul bisa memenuhi apa yang menjadi catatan pelatih.


"Saya berusaha menikmati menu program yang diberikan Coach Jake. Walaupun kadang berat, saya terus berusaha semaksimal mungkin karena ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot saya" Ibnul menjelaskan.

  • Instagram