Search

Fit with Fitzsimmons, Variasi Gerakan Push-up




Coach Jake Fitzsimmons mengajak kita untuk berlatih push-up dengan berbagai variasi untuk melatih otot dada, pundak, dan trisep bersama bek kiri #GarudaSelect, Shabani Mbwana Kingazi. "Ada banyak variasi dari gerakan push-up yang bisa membuat teman-teman di rumah tidak bosan dan semangat berlatih," kata Coach Jake. "Variasi pertama adalah push-up standar yang berguna untuk melatih otot dada. Selanjutnya, Anda bisa membuka tangan lebih lebar dimana ini disebut dengan variasi wide hand. Kemudian lakukan push-up dengan posisi kedua tangan lebih rapat untuk melatih otot trisep," jelas Coach Jake.


Coach Jake juga memberikan variasi push-up tingkat lanjut. "Pertama clapping push-up, caranya setelah dada menyentuh lantai, dorong kembali tubuh dengan kuat sambil menepuk kedua telapak tangan dengan cepat dan kembali ke posisi awal. Kedua, weighted push-up dimana variasi ini membutuhkan rekan untuk menjadi beban tambahan di punggung. Terakhir feet elevated push-up, dengan menempatkan kaki di sofa atau kursi. Latihan ini sangat berguna untuk kekuatan otot pundak," kata Jake.


Shabani sendiri bercerita bahwa ia rutin melakukan push-up setiap harinya. "Push-up merupakan olahraga yang simpel dan mudah dilakukan karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Awalnya, saya hanya melakukan gerakan push-up standar. Namun, setelah bergabung dengan Program #GarudaSelect saya mendapat latihan variasi gerakan push-up dari Coach Jake yang membantu saya untuk menantang diri sendiri lebih jauh lagi," kata Shabani.