Search

Fisik Pemain Menggembirakan

Komentar Pelatih Kepala Garuda Select, Des Walker

Dua bulan menjalani tempaaan di Aston University, Birmingham, tim Garuda Select secara perlahan tapi pasti memperlihatkan peningkatan menggembirakan di segala lini. Adaptasi dengan iklim dingin di Inggris juga menjadi tantangan tersendiri yang harus dilawan.


Pelatih Kepala Garuda Select, Des Walker, menilai anak asuhnya sudah mulai bisa melakukan apa yang diharapkan tim pelatih. “Satu hal yang paling mencolok saya lihat sejauh ini adalah peningkatan fisik. Mereka jadi lebih kuat dan berani dalam melakukan duel-duel keras di lapangan,” ucap Des Walker kepada MolaTV.


Latihan fisik yang didapat tim Garuda Select selama berada di Inggris memang tidak main-main. Tiga kali sehari, mereka harus menjalani serangkaian latihan baik itu di lapangan mau pun di pusat kebugaran. Walker juga menekankan agar para pemain fokus meningkatkan kebugaran mereka.


Kemampuan fisik yang mumpuni menjadi salah satu aspek mendasar bagi para pemain selama menimba ilmu di sana. Hal itu, menurut Walker, menjadi modal untuk menjalani instruksi dari pelatih baik saat bertahan mau pun menyerang. Postur pemain-pemain lokal Inggris yang lebih tinggi dari mayoritas pemain Indonesia, kini bisa dihadapi dengan baik.


“Ada beberapa pertandingan yang saya senang melihatnya. Bahkan, sebenarnya kami bisa menang lebih banyak saat itu. Tetapi memang, ini bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu satu malam. Masih banyak yang harus mereka lakukan ke depannya,” ucap Walker.


“Setidaknya saat ini, mereka sudah mulai terbiasa dengan hal-hal lain seperti berkomunikasi di lapangan. Saling mengingatkan untuk tetap bermain sesuai fungsi dan posisi masing-masing. Bukan untuk mengkritisi, tetapi sama-sama membangun pondasi tim yang kuat.” katanya lagi.


Peningkatan performa tim Garuda Select generasi kedua terlihat dari dua kemenangan beruntun yang didapat dari dua pertandingan terakhir. Selasa (29/11), Burton Albion berhasil dikalahkan 2-0, setelah pertemuan pertama berakhir dengan skor sama kuat 2-2. Kemudian pada pertandingan sebelumnya, secara mengejutkan, Gillingham sukses ditekuk 1-0 lewat gol tunggal Alfriyanto Nico.

  • Instagram