Search

Evaluasi Lini Pertahanan Garuda Select

Updated: Feb 7

Koordinasi pertahanan dari sisi lapangan yang tidak kalah penting.

Tiga pertandingan sudah dijalani Garuda Select angkatan kedua di Italia dengan hasil terbilang impresif. Setelah membantai Torino U17 tiga gol tanpa balas, David Maulana dan kawan-kawan terlibat dalam laga sengit kontra dua raksasa Italia yang berakhir dengan kekalahan tipis. Mereka berturut-turut tampil luar biasa kala meladeni Juventus U17 (skor akhir 2-1) dan Internazionale U17 (3-2).


Meski demikian, evaluasi tetap dilakukan dalam rangka persiapan menyambut laga uji coba selanjutnya. Tim pelatih yang dipimpin Dennis Wise dan Des Walker secara khusus coba mengevaluasi koordinasi di lini belakang Garuda Select. Menurut mereka, koordinasi yang baik akan menurunkan risiko kebobolan sehingga nantinya bisa meraih hasil akhir yang juga lebih baik.


Di sesi latihan terakhir, Wise secara khusus memberi instruksi bagi para pemain agar lebih rapi dalam mengorganisir pertahanan, terutama bagi para pemain sayap. "Ketika bertahan, pemain sayap tak selalu harus turun jauh mengawal pemain lawan. Ketika turun, sayap harus mencari lawan terdekat dan berkoordinasi dengan full-back untuk mengawal pemain lain yang menekan dari samping. Jika sayap turun terlalu jauh, ketika serangan balik akan sulit mengejar," terangnya.


Selain memahami pergerakan saat bertahan, Wise juga menginstruksikan anak asuhnya untuk terus berkomunikasi tatkala menghadapi serangan lawan. Menurut pria kelahiran 16 Desember 1966 itu, komunikasi yang tidak berjalan baik, bahkan terputus, berisiko menghasilkan celah kosong yang bisa dimanfaatkan lawan.


"Dan yang paling utama di sini adalah komunikasi. Pemain harus secara intens memberi arahan pada rekannya supaya pergerakan lawan bisa tertutupi. Jangan sampai ada yang berdiam diri kala komandonya dibutuhkan," tambah Wise.


Mengingat lawan yang akan dihadapi selanjutnya adalah Como U17, yang notabene tidak memiliki nama sebesar Juventus atau Inter, Garuda Select diharapkan mampu meraih hasil positif di laga kala ini. Pertandingan sendiri rencananya akan berlangsung di SNEF Lambrone Sport Center, Senin (27/1).


Saksikan keseharian aktivitas pemain Garuda Select dalam episode Dream Chasers hanya di Mola TV. Download aplikasi Mola TV di App Store dan Google Play untuk bisa menonton secara resmi, mudah, dan gratis!

  • Instagram