Search

Evaluasi Lebih Dalam Lewat One On One Session

Analisa video menjadi salah satu cara tim pelatih untuk melakukan evaluasi terhadap para pemain.

Analisa video menjadi salah satu cara tim pelatih untuk melakukan evaluasi terhadap para pemain. Selain dilakukan bersama-sama secara tim, para pelatih juga melakukan sesi tatap muka dengan masing-masing pemain. Hal ini dilakukan agar para pemain lebih bisa paham dan bisa cepat mengetahui apa saja hal-hal yang harus mereka perbaiki.


Para pemain diperlihatkan beberapa cuplikan aksi mereka di pertandingan melawan Port Vale. Pada setiap situasinya, pelatih memberi arahan tentang bagaimana seharusnya pemain bertindak dalam posisi tersebut, serta apa yang harus dihindari. Materi dalam sesi tatap muka ini diberikan oleh Danny Holmes selaku Asisten Pelatih Garuda Select.


"Tujuannya agar para pemain tahu apa saja yang harus dia tingkatkan, dan bagian mana saja yang harus dipertahankan. Contohnya seperti Daniel, dia jadi tahu bahwa bermain tidak harus selalu ingin merebut bola. Selain itu, dia harus mulai mengurangi pelanggaran yang berujung tendangan bebas untuk lawan," kata Holmes.


Sementara itu, Daniel Naa, mengakui. Sesi tatap muka ini memang lebih membantunya mendapatkan masukan secara detil dari pelatih. "Pelatih memberikan masukan bagaimana caranya mematikan gerakan lawan tanpa melakukan pelanggaran. Sejauh ini, pelatih bilang cara memotong bola saya sudah bagus, tinggal ditingkatkan lagi sedikit," kata Daniel.


"Saya juga diminta harus mengurangi pelanggaran seperti saat pertandingan pertama. Tujuannya agar lawan tidak terlalu sering mendapatkan tendangan bebas sehingga menguntungkan mereka,"


Selain Daniel, ada Krisna Sulistia. Pemain termuda di skuad #GarudaSelect tahun ini tersebut mengaku mendapatkan banyak pelajaran baru dari sesi tatap muka ini. Menurutnya, Holmes memberi banyak arahan dari mulai teknis dan juga secara psikologis.


"Saya harus bisa berpikir lebih cepat ketika menguasai dan mengumpan bola karena pelatih bilang sebenarnya dribble saya sudah bagus. Hal seperti ini sangat menambah wawasan baru juga karena saya jadi tahu. Di Indonesia saya belum pernah mendapatkan sesi seperti ini," kata Krisna.