Search

Evaluasi dan Koreksi, Video Analysis untuk Perkembangan Garuda Select

Dengan menganalisa cuplikan pertandingan, para pemain bisa mendapatkan perspektif berbeda.

Direktur Sepakbola Garuda Select, Dennis Wise, mengatakan penting bagi pemain mengetahui kesalahan yang dilakukan dalam pertandingan melalui video analysis. Dengan demikian, mereka bisa langsung tahu cara memperbaikinya.


Garuda Select angkatan ketiga bermain imbang 1-1 dalam laga perdana melawan Port Vale U18. Wise meyakini masih ada banyak hal yang bisa dikembangkan dari permainan tim.


"Saya pikir penting bagi kami untuk mengetahui hal-hal apa yang salah untuk perbaikan kedepan. Karena besar kemungkinan ketika pertandingan berjalan pemain tidak sadar melakukan kesalahan tersebut. Hal ini berguna untuk menunjukkan kepada mereka apa yang bisa diperbaiki kedepannya," kata Wise.


Dengan menganalisa cuplikan pertandingan, para pemain bisa mendapatkan perspektif berbeda. Wise dan pelatih Des Walker juga bisa langsung memberikan evaluasi kepada para pemain.


"Ini soal detail, detail-detail penting yang mereka harus pahami dan tidak melakukan kesalahan yang sama kedepan karena itu adalah kesalahan-kesalahan sederhana. Jadi, kami mencoba memberikan informasi dan analisa atas apa yang sudah mereka lakukan di lapangan," Wise menjelaskan. "Sangat berbeda duduk di sini menyaksikan diri anda sendiri di layar, pemain bisa sadar 'Wow, iya ternyata saya melakukan kesalahan ini dan itu'. Kemudian, saya dan Des mencoba memberikan masukan untuk memperbaikinya."


Permainan tim bukan satu-satunya hal yang dievaluasi dengan video analysis. Performa individu pemain turut diberi penilaian. Dua pemain yang disorot dalam laga vs Port Vale U18 adalah Daniel Naa dan Frezy Al-hudaifi.


"Terdapat beberapa catatan terkait pemain tertentu, terutama Daniel. Saya pikir dia sedikit melihat permainan ini berbeda, dia memiliki antusiasme tinggi dan kami tak ingin menghilangkan hal tersebut darinya, tetapi Daniel harus lebih memahami pertandingan lebih baik," kata Wise, "Terdapat juga beberapa catatan untuk Frezy. Dia adalah pemain yang masih butuh bekerja lebih keras lagi. Frezy memiliki kemampuan yang bagus tapi dia perlu lebih punya pemahaman yang baik untuk pertandingan."


"Itulah hal-hal yang kami coba jelaskan kepada para pemain. Saya melihat mereka cukup memahaminya, dan ini adalah hal yang bagus. Kami bisa tertawa pada saat melihat tayangannya karena hal-hal ini bisa dilakukan dengan tidak terlalu serius tapi yang penting mereka tetap bisa menikmatinya," Wise melanjutkan. "Mereka bisa merasa tidak dikucilkan pada saat mereka melakukan kesalahan dan mereka tidak perlu merasa malu. Tujuan kami memang bukan untuk mempermalukan mereka tetapi bertujuan untuk perbaikan kedepannya."

  • Instagram