Search

Edgard Amping Jalani Latihan Fisik di Pantai

Choki Sihotang


Tak ada istilah menyerah dan patah semangat dalam prinsip hidup Edgard Amping. Meski belum dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) virtual Indonesia U19, Edgard terus berharap sambil memanjatkan doa.


Sebagai pemain muda, Edgard juga memendam hasrat menggebu untuk beraksi dalam balutan jersey kebangaan tim nasional (timnas).


Di tengah pandemi virus corona penyebab COVID-19, di mana aktivitas sepak bola di seluruh Indonesia masih terhenti, kelahiran 9 Juni 2003 masih konsisten menjaga kebugaran dan kesehatan di rumah.


Kelanjutan TC Indonesia U19 yang dipimpin langsung oleh Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dari negaranya, Korea Selatan, semakin membuat Edgard bersemangat.


Maklum, selain wajah-wajah lama, salah satu rekan Edgard di Garuda Select angkatan kedua yakni Erlangga Setyo Dwi Saputra (Kiper/Persib Bandung U16), mendapat kesempatan mengikuti TC.


Bek tangguh kepunyaan PSM Makassar U16 tak menampik jika dirinya juga berharap dipanggil Tae-yong. "Tentulah saya juga ingin dipanggil," kata Edgard kepada SuperSoccer, Kamis (4/6).


Selama mengikuti Program Garuda Select selama lebih kurang lima bulan di Inggris maupun Italia, dari Oktober 2019 sampai Maret 2020, Edgard merupakan pemain andalan sekaligus tumpuan. Sebagai pemain bertahan, posisinya nyaris tak tergantikan.


Dari total 21 pertandingan, Edgard bermain sebanyak 18 kali dan menorehkan tiga assist. Pencapaian tersebut menempatkan Edgard ke dalam daftar Garuda Select Top Assists, setelah Muhammad Rafli Asrul (9), Bagus Kahfi (6), serta Bramdani (5).


Kinerja Edgard kerap mendapat sanjungan dari duet juru taktik Garuda Select asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.


Sekembalinya ke kampung halaman, Edgard tak lantas berpangku tangan. Karantina mandiri yang dianjurkan pemerintah tak membuat semangatnya melempem. Berbekal program latihan yang didapat dari tim pelatih Garuda Select, Edgard tak jemu-jemu mengasah skill. Materi latihan dia padukan dengan program rutin dari klub.


Tak jarang, Edgard menjalani variasi latihan fisik di pinggir pantai yang tak jauh dari rumahnya di kawasan Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat. Edgard sepertinya paham betul bahwa Tae-yong memang sosok pelatih yang sangat mengedepankan kekuatan fisik.


"Pantai memang tak jauh dari rumah saya. Terkadang juga latihannya dengan teman-teman yang pernah satu SSB (Sekolah Sepak Bola) di sini," kata anak pasangan Luther Amping dan Yuliana Rappo.


Indonesia U19 tengah dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFC U19 di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Kemudian, bertarung pada 2021 saat menjadi tuan rumah di ajang akbar Piala Dunia U20.


Tae-yong sendiri masih terus melakukan seleksi. Itu berarti, pemain-pemain muda berbakat seperti Edgard masih berpeluang mendapat kesempatan yang sama. "Menjadi pemain timnas adalah mimpi saya," pungkas Edgard.


Aksi serta perjalanan Edgard bersama Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers musim kedua. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram