Search

Dika Kuswardani Berkembang Pesat di Garuda Select

Choki Sihotang


Sebelum kehadiran David Maulana, posisi Dika Kuswardani di lini tengah nyaris tak tergantikan. Dia selalu tampil dalam tujuh pertandingan pertama sejak Garuda Select angkatan kedua tiba di Ingggris pada Oktober 2019.


Dari semua gelandang, hanya Dika yang mengantongi durasi bermain selama 472 menit. Eksistensi pemain muda PSS Sleman U16 itu di lini tengah menambah daya gedor Garuda Select.


Sebagai pemain jangkar, Dika juga kerap membantu pertahanan. Pemain kelahiran Sukoharjo, 5 Maret 2003, itu dinilai mumpuni di posisinya.


"Dika menguasai lini tengah dengan baik. Sering melakukan tekel-tekel akurat untuk memutus aliran serangan lawan," kata Danny Holmes, asisten pelatih Garuda Select.


Dika juga tak butuh waktu lama untuk menyerap instruksi pelatih untuk bermain simpel. "Dia bermain sangat efektif. Terlebih saat menguasai bola. Perannya sangat penting bagi tim," ujar Holmes, menambahkan.


Namun, peran Dika perlahan diambil David. Duet pelatih Dennis Wise dan Des Walker memanggil kembali David, bersama sejumlah alumni Garuda Select angkatan pertama seperti Fajar Fatur Rahman, Riski Sudirman, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, dan Bagus Kahfi pada Desember 2019.


Kendati demikian, tak berarti Dika tak mendapat tempat. Dari total 21 pertandingan yang dilakoni Garuda Select angkatan, termasuk empat laga uji coba di Italia, Dika tetap mendapat peran signifikan.


Selama lebih kurang lima bulan di Eropa, sebelum akhirnya kembali ke tanah air pada Maret 2020, Dika merasa bersyukur bisa bergabung dengan Garuda Select. Khususnya karena bisa dilatih langsung pelatih berpengalaman.


"Bagi saya pribadi, mereka berdua (Wise dan Walker) merupakan pelatih terbaik yang sudah melatih saya," kata Dika kepada SuperSoccer,.


Selain berkesempatan bertanding melawan tim-tim muda terbaik di Inggris maupun Italia, hal lain yang disyukuri Dika adalah semakin terbukanya wawasannya tentang sepak bola.


"Sekarang saya mengerti kalau bermain sepak bola itu harus simpel," pungkas pengidola Lionel Messi tersebut.


Aksi dan perjuangan Dika di Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram