Search

Danny Holmes: Pentingnya Analisis Video Bagi Skuad Garuda Select

Updated: Jan 3

Analisis video guna mempermudah evaluasi dan pembelajaran setiap pemain.

Berbagai program dan metode latihan diberikan oleh tim pelatih bagi seluruh pemain yang tergabung dalam skuad Garuda Select season kedua. Mereka ditempa dengan metode latihan yang sudah jadi santapan wajib pemain-pemain Eropa.


Menu latihan dan pembelajaran dari tim pelatih yang dikepalai Des Walker dan Dennis Wise menjadi faktor penting yang mendorong perkembangan Kakang Rudianto dkk. Bukan hanya latihan fisik, pembelajaran dengan melakukan analisa juga jadi metode pembelajaran wajib. Hal itu ditekankan oleh asisten pelatih, Danny Holmes, yang kerap memimpin sesi analisis video.


Dalam sesi tersebut, seluruh pemain dikumpulkan untuk menyaksikan rekaman video pertandingan yang sudah mereka jalani. Sambil menonton, Holmes memberikan arahan dan koreksi langsung pada mereka.


"Itu (analisis video) adalah bagian penting dari pembelajaran. Kesempatan untuk melihat kembali pertandingan dan berpikir apa yang sudah dilakukan, benar atau salah, dan mana yang bisa diperbaiki di kemudian hari," ujar Holmes.


Holmes merasakan perkembangan signifikan anak asuhnya setelah belajar dari rekaman video pertandingan. "Menurut saya, bisa melihat kembali permainan mereka melalui rekaman video sangat membantu. Kesalahan-kesalahan yang dibuat di pertandingan sebelumnya jadi dapat diminimalisir," tambah pria yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Walker di klub Derby County tersebut.


Para pemain juga mengakui manfaat positif yang mereka dapatkan dari sesi analisis video. Salah satunya adalah Arsa Ahmad. Menurutnya, menyaksikan video pertandingan membuatnya mampu menilai diri sendiri.


"Sangat penting. Kita 'kan tidak bisa menilai diri kita sendiri. Jadi setelah dapat masukan dan melihat sendiri evaluasi di video, kita jadi lebih bisa memperbaiki diri," ujar remaja kelahiran 31 Oktober 2003 itu.

  • Instagram