Search

Cukup Puas, Tim Pelatih Punya Evaluasi Khusus Untuk Lini Pertahanan



Persiapan Tim Garuda Select terhitung sangat minim dan singkat karena adanya aturan karantina yang harus dipatuhi setiba di Inggris. Skuad Garuda Select baru mulai berlatih pada tanggal 15 Desember atau seminggu sebelum pertandingan. Walaupun begitu, penampilan Tim Garuda Select dianggap cukup baik oleh Dennis Wise. Para pemain terlihat tak ragu untuk berduel dengan pemain lawan yang posturnya lebih besar. Pertandingan berakhir imbang 1-1. Garuda Select berhasil menyamakan kedudukan lewat gol I Putu Dipa Yoga Arta setelah sebelumnya mereka tertinggal satu gol di awal babak kedua.


Direktur Sepakbola Garuda Select, Dennis Wise memuji penampilan anak asuhnya khususnya lini pertahanan. Namun, Wise menegaskan masih ada pekerjaan rumah yang harus diperbaiki baik di posisi kiper maupun pemain belakang.


Khusus untuk posisi kiper, saat melawan Port Vale U-18, Adre Arido Geovani diturunkan di babak pertama dan I Gede Aditya Juli Antara di babak kedua. Keduanya tampil baik dengan melakukan beberapa kali penyelamatan. Tapi ada hal yang masih perlu dipahami dan dipelajari kapan mereka harus menemukan waktu yang tepat untuk memperlambat tempo permainan atau mempercepat.


"Beberapa kali saat pertandingan, baik Adre maupun Aditya mencoba untuk bermain cepat dan justru membuat tim berada dalam tekanan selama lima menit. Distribusi bola kepada pemain lain akan menjadi area yang coba diperbaiki," ujar Wise.


Di lini belakang, tim pelatih menurunkan Daniel Naa, Ibnul Mubarak, Muhammad Faqih, dan Edgard Amping di babak pertama. Sementara itu, di babak kedua, I Putu Dipa Yogi Arta dan Dustin Pratama masuk mengisi pos bek tengah dan Roki menggantikan posisi Daniel Naa.


Secara garis besar, Wise merasa puas dengan performa pemain belakang, tapi ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan dan dievaluasi oleh para pemain.


"Para pemain harus bisa mengetahui waktu yang tepat bagi seorang pemain belakang untuk merebut bola. Lawan harus dibuat tidak nyaman dan tidak mendapat kesempatan untuk mengancam lini pertahanan. Hal ini harus dimengerti terutama oleh Daniel,” ucap Wise.


"Saya senang dengan permainan Daniel yang tampil ngotot dan penuh determinasi, tapi ia masih bisa lebih baik lagi." jelas Wise.

  • Instagram